Sukses

Suzuki GSX-R150 Kencang dan Lincah

Liputan6.com, Sentul - Divisi roda dua PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kesempatan kepada media untuk melakukan first ride Suzuki GSX-R150 di Sirkuit International Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/1) lalu. Liputan6.com turut merasakan performa motor sport 150 cc tersebut dengan melahap sebanyak empat putaran.

Sebelum bicara lebih jauh soal performa, kami akan mengulas terlebih dahulu soal desain dan fitur-fitur yang dimiliki GSX-R150.

Dari segi desain tak banyak yang bisa disampaikan karena ini menyangkut selera. Namun yang pasti aura sport begitu kuat pada motor ini.

Persaingan di kelas sport 150 cc semakin sengit setelah Suzuki GSX-R150 ikut meramaikan pasar nasional (Fikar/Liputan6.com)

Lampu depan sudah menggunakan LED, sementara lampu belakang dan sein masih mengadopsi model bohlam. Suspensi depan menggunakan teleskopik, sedangkan belakang monoshock.

Bicara dimensi, motor berbobot 131 kilogram (kg) ini memiliki panjang 2.020 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.075 mm. Sementara tinggi jok dan jarak sumbu roda masing-masing 785 mm dan 1.300 mm.

Motor ini telah dilengkapi fitur key-less ignition system yang umum diadopsi mobil. Fitur ini menjadi fitur keamanan terbaru & pertama di kelas sport 150 cc.

Jika umumnya sistem keyless pada mobil, kunci kontak menyatu dengan kunci remote. Tapi di motor ini dibuat terpisah, tepatnya anak kunci berbentuk knob terpasang pada main switch yang posisinya di bagian depan tangki bensin. Kami akan mengulas cara kerja sistem ini secara lengkap di artikel berikutnya.

Menyoal posisi riding, motor ini menyuguhkan gaya berkendara yang racy banget karena menggunakan stang model underyoke. Saat duduk di atas motor ini, kami yang memiliki tinggi badan 175 cm dibuat merunduk kala kedua tangan menggenggam stang.

Posisi jok ke tanah tidak terlalu tinggi. Alhasil saat duduk kedua kaki dapat menjejakkan ke permukaan tanah dengan mudah. ukuran tangki juga ramping sehingga nyaman saat dijepit kedua paha.

Sesaat memasuki lintasan, kami mencoba untuk beradaptasi lebih dahulu. Satu putaran terlewati dan rasanya motor ini cukup mudah untuk dikendalikan. Motor ini terasa ringan sehingga keluar masuk tikungan begitu mudah.

Sekadar informasi, dalam pengetesan ini Suzuki sengaja tidak menggunakan ban standar dan menggantinya dengan ban balap keluaran IRC untuk alasan safety. Selain itu, motor yang kami gunakan  juga dipakai untuk seleksi Suzuki Asian Challenge 2017.

Suzuki GSX-R150 diuji sejumlah jurnalis di Sirkuit International Sentul (ist)

GSX-R150 menggunakan basis mesin yang sama dengan Satria F150. Mesin berkapasitas 147,3 cc DOHC 4 klep berpendingin cairan dengan transmisi 6 percepatan. Jantung mekanis berteknologi Suzuki Composite Elektro-cemical Material (SCEM) tersebut menghasilkan tenaga sebesar 18,9 Tk dengan torsi 14 Nm.

Sama seperti Satria F150, perpindahan gigi motor ini terasa halus. Suplai tenaga cukup merata mulai dari putaran bawah sampai atas. Kami yang memiliki bobot cukup berat yakni 92 kg hanya mampu mencapai kecepatan tertinggi 138 km/jam.

Sebenarnya, kecepatan maksimum GSX-R150 bisa melebihi angka tersebut. Pasalnya ada rekan media lain yang mencapai 148 km/jam. Bahkan ia mengakui angka tersebut masih bisa dilampaui. Dan untuk ukuran motor 150 cc standar pabrik, angka tersebut cukup memuaskan.

Artikel Selanjutnya
Mini Siapkan Mobil Mungil Terbuas, Cek Detailnya
Artikel Selanjutnya
Kymco Saingi Honda Bikin Skutik Adventure Tourer