Sukses

Bos Toyota: Kami Juga Pabrikan AS

Bos Toyota, Akio Toyoda, mengatakan bahwa mereka juga merupakan salah satu pabrikan Amerika Serikat (AS).

Liputan6.com, Washington - Toyota Motor Corp adalah pabrikan asal Jepang. Namun sang Presiden, Akio Toyoda, baru-baru ini mengatakan bahwa mereka juga harus dipertimbangkan sebagai salah satu pabrikan Amerika Serikat (AS).

"Kami mungkin merek asal Jepang... tapi kami juga merupakan salah satu pembuat mobil Amerika," ujar Toyoda, dikutip dari Reuters, Jumat (3/2/2017). Ia juga mengatakan bahwa sejarah Toyota di AS sudah sangat panjang, sekira tiga puluh tahunan.

Komentar ini ia layangkan setelah mendapat tekanan dari presiden AS, Donald Trump, yang mengatakan bahwa seharusnya lebih banyak pabrikan merakit mobil di dalam negeri, agar bisa menyerap semakin banyak tenaga kerja.

Trump bahkan pernah mengkritik Toyota langsung melalui akun Twitternya, bulan lalu. Saat itu ia mengkritik rencana Toyota membangun pabrik kedua di Meksiko, namun mobil-mobil di pabrik itu akan diekspor ke AS.

Pasca kritik tersebut, Toyota langsung mengumumkan bahwa mereka akan menambah investasi sebesar US$ 10 miliar di AS.

Apa yang dilakukan Toyota, serta pernyataan sang bos, sebetulnya sangat wajar melihat kepentingan mereka di pasar AS. Menurut sumber yang sama, AS sejauh ini adalah pasar terbesar Toyota. Sekira seperempat mobil yang dibuat Toyota di seluruh dunia terjual di AS. Belum lagi pabrik perakitan yang telah mencapai 10 titik.

Kabar terakhir, Toyota dilaporkan akan bertemu Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, sebelum Abe berangkat ke AS menemui Trump. Abe akan datang ke AS dalam rangka penguatan kerja sama ekonomi kedua negara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.