Sukses

Kapan Motor Honda Rakitan Karawang Tembus Eropa?

Sepanjang 2016, mampu menjual produknya secara domestik hingga 4,38 juta unit. Sedangkan penjualan secara nasional tembus 5,39 juta unit.

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) mampu menjual produknya secara domestik hingga 4,38 juta unit sepanjang tahun lalu. Capaian ini bisa dibilang cukup memuaskan, mengingat pasar sepeda motor tahun lalu 5,39 juta unit.

Sayangnya, performa penjualan itu berbanding terbalik dengan rapor ekspor mereka. Sebab, pabrikan berlambang sayap mengepak ini hanya melempar 59.311 ribu unit. Angka ini masih kalah dari rival utama, Yamaha, yang tembus 167.266 unit.

Tak hanya itu, ekspor Honda sendiri diketahui hanya mengandalkan pasar Asia Tenggara. Sementara Yamaha serta Suzuki, telah melebarkan penjualan hingga Eropa, serta menuju Amerika Latin.

Lantas kapan motor-motor Honda Buatan Indonesia tembus ke Eropa?

Menanggapi hal tersebut, Executive Vice Presiden PT AHM Yohannes Loman menyatakan, Honda tidak terlalu memikirkan untuk memilih negara mana yang akan dituju agar melebarkan ekspor, termasuk Eropa.

"Tapi yang kami pikirkan, bagaimana kami terus meningkatkan ekspor. Dan kami juga harus memperhatikan negara per negara, mereka yang memiliki regulasi," ungkap Loman saat ditemui di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (4/2) lalu.

Pada tahun ini, kata Loman, Honda berharap bisa meningkatkan ekspor mereka. "Saat ini kami juga akan pelajari negara per negara, karena mereka dalam kondisi yang flat, bahkan ada yang turun. Saat ini backbone kami untuk ekspor masih Honda Beat," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini