Sukses

Membedah Spesifikasi Motor Petualang Honda CRF250 Rally

Liputan6.com, Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan CRF1000L Africa Twin di segmen adventure, namun Honda punya senjata lainnya yaitu CRF250 Rally yang menjadi permulaan menghadirkan edisi motor garuk tanah dengan mesin kecil. 

AHM mengklaim, dengan kapasitas mesin 250 cc, motor ini mudah dikendalikan saat melalui jalanan perkotaan yang padat, maupun permukaan kasar pada jalur tanah.

"Dengan styling DNA dari HRC CRF450 Rally pembalap Dakar, CRF250R Rally menghadirkan hal baru. Tidak hanya siap untuk berkompetisi di gurun pasir, namun juga menghadirkan petualangan sesungguhnya," jelas President Director AHM, Toshiyuki Inuma, usai peluncurannya di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (4/2) lalu.

Honda CRF250 Rally memiliki dimensi panjang 2.210 mm, lebar 900 mm, dan tinggi 1.425 mm. Wheelbase motor ini 1.455 mm dengan ground clearance 270 mm, serta bobot 155 kg.

Tampilan CRF250 Rally punya desain lampu depan yang kompak berbentuk asimetris dengan LED, kemudian Honda juga menyematkan indikator LED dan dudukan plat nomor yang dapat dilepas. Informasi kecepatan, jam, indikator bensin disajikan secara digital. 

Sebagai motornya petualang, Honda membekali CRF250 Rally dengan tangki bahan bakar 10,1 Liter (termasuk 1,6L cadangan). Konsumsi bahan bakar bisa menembus 33,4 km/l (mode WMTC), sehingga disebut mampu menjelajah lebih dari 320 km dengan kondisi tangki penuh.

Frame CRF250 Rally terbuat dari besi baja, dengan bagian utama ganda berbentuk oval dan semi-double cradle

Untuk memberikan kenyaman, peredam depan motor ini telah dipasangkan suspensi Show Inverted, dan bagian belakang menggunakan suspensi Pro-Link dengan panjang langkah 265 mm, atau 25 mm lebih tinggi dibandingkan CRF250L.

Swingarm tapered alumunium dipadukan dengan monoblock cast diklaim membuat keseimbangan kekuatan yang tepat dan mengurangi beban un-sprung. Aluminium ekstrusi digunakan untuk collar penyetel rantai roda.

Di sektor pengereman, bagian depan telah menggunakan sistem pengereman optimal 296 mm floating wave-style disc yang bekerja dengan kaliper dua piston. 

Dua chanel ABS dipasang sebagai model standar dan pilihan pengendara untuk dapat dinonaktifkan kaliper belakangnya.

Untuk jantung pacu, CRF250 Rally dibenamkan  mesin 250 cc, liquid-cooled, single-cylinder, DOHC yang mampu menyemburkan tenaga maksimum 24,4 Tk pada 8.500 rpm dan torsi 22,6 Nm pada 6.750 rpm. Berikut adalah daftar harga CRF Series.

Artikel Selanjutnya
Royal Enfield Goda Konsumen dengan 2 Motor Custom Terbaru
Artikel Selanjutnya
Suzuki Ignis Gunakan Ban Ramah Lingkungan