Sukses

Trik Vinales Maksimalkan Performa Yamaha M1

Liputan6.com, Sepang - Maverick Vinales mengatakan bahwa dirinya bisa lebih cepat lagi saat menunggangi motor Yamaha YZR-M1. Hal ini, menurutnya, terbukti seiring dengan perubahan gaya berkendara yang ia lakukan.

"Saya bisa merasakan bahwa masih banyak yang dapat dilakukan, termasuk dalam gaya berkendara, saya masih dapat mengambil lebih banyak keuntungan dari motor kami," ujar pembalap asal Spanyol tersebut, dkutip dari autosport.com, Senin (6/2/2017).

Niat untuk mengubah gaya berkendara memang telah diungkapkan Vinales bahkan sejak awal Januari lalu. Saat itu, ia mengatakan bahwa dirinya adalah pembalap yang suka bereksplorasi dan beradaptasi dengan berbagai gaya berkendara.

"Kebanyakan pengendara ingin melakukan banyak hal dengan caranya sendiri, tetapi jika ada yang lebih baik, maka kita harus beradaptasi. Saya selalu berpikir kami perlu mengumpulkan pengalaman dan 'mengeksploitasi' mereka," ujarnya kala itu.

Mengubah gaya balap memang sama sekali tidak diharamkan. Beberapa pembalap telah melakukannya, salah satunya adalah legenda hidup Valentino Rossi.

"Sejak saya kembali ke Yamaha, saya telah mengubah banyak gaya balap saya. Karena ada banyak perubahan yang terjadi misalnya motor, ban, dan perangkat elektronik," ujarnya.

Bahkan, pembalap anyar MotoGP dari tim Yamaha Tech 3 sekaligus juara Moto2, Jonas pada Januari lalu mengaku secara terang-terangan bahwa dirinya mengikuti gaya balap Jorge Lorenzo saat pertama kali menjajal motor.

Dengan mengubah gaya berkendara, setidaknya Vinales telah menunjukkan hasil yang baik. Ia tercatat selalu menjadi yang tercepat dalam sesi ter resmi sejak pertama kali gabung ke Yamaha pada November lalu, serta di Sepang, Malaysia, pekan lalu.

Bahkan, Marc Marquez, jawara MotoGP 2016 dari Repsol Honda Team, memuji Vinales dengan mengatakan bahwa dirinya bahkan lebih cepat ketimbang Rossi.