Sukses

Suzuki Ertiga Diesel Bisa Tenggak Solar Murah? ‎

Mesin diesel yang digunakan Ertiga telah disesuaikan dengan standar bahan bakar di Indonesia.

Liputan6.com, Bogor - Dengan mengusung mesin Diesel hybrid, PT Suzu‎ki Indomobil Sales (SIS) yakin mobil keluarga Ertiga terbaru mampu bersaing di pasar otomotif nasional.

Bahkan ‎Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel‎ menyatakan, mesin Diesel yang digunakan Ertiga telah disesuaikan dengan standar bahan bakar di Indonesia.

"‎Kami menyarankan pakai minimal centane number 51 (Pertamina Dexlite) tapi lebih baik lagi pakai centane number 53 (Pertamina Dex)," ucap Harold di kawasan SCBD, Jakarta, Selasa (7/2/2017).‎

Lantas, bagaimana dengan solar dengan centane 48‎ yaitu Bio Solar yang memiliki kandungan sulfur paling tinggi yaitu mencapai 3.500 ppm (part per milion)?

Menanggapi hal tersebut, Marketing Director PT SIS, Donny Ismi Sahputra‎, menyatakan, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid tetap bisa menggunakan solar dengan centane number di bawah 51.‎

"Tapi kami tidak menyarankan itu (Bio Solar), yang kami sarankan ‎tetap centane number 53. Untuk warranty kami hanya bisa beri minimal centane number 51," ujarnya.

Tentu saja, penggunaan bahan bakar solar maupun Bio‎ solar bisa saja terjadi, mengingat tak semua stasiun pengisian bahan bakar umum memiliki Dexlite bahkan Pertamina Dex. Sebaliknya, solar dan Bio Solar menjadi pilihan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini