Sukses

Kencan Singkat Proton Iriz, Seberapa Menarik?

Pengujian Proton Iriz dilakukan di kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Kondisi saat itu cukup basah, sehabis diguyur hujan.

Liputan6.com, Bogor - Proton Edar Indonesia (PEI) mengawali 2017 dengan meluncurkan produk terbarunya yaitu, Proton Iriz. City car ini rencananya akan dirilis di Indonesia, Sabtu (18/2/2017), kawasan FX Sudirman, Jakarta.

Namun sebelum resmi meluncur, sejumlah media termasuk Liputan6.com mendapatkan kesempatan untuk menjajal terlebih dahulu bagaimana rasa Proton Iriz, mobil perkotaan buatan Negeri Jiran itu.

Pengujianpun dilakukan di kawasan Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Kondisi saat itu cukup basah, sehabis diguyur hujan.

Eksterior

Secara kasat mata, mobil ini cukup mungil, maklum Proton mengklaim mobil buatannya menyasar pada konsumen di kelas mobil murah ramah lingkungan atau Low Cost Green Car (LCGC).

Namun, jika melihat teknologi dan fitur yang dibenamkan, mobil ini tak bisa dibandingkan dengan LCGC, melainkan city car di kelas Toyota Etios Valco, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Nissan March, dan KIA Picanto.

Pada bagian wajah mobil ini cukup kekinian. Dengan grill beraksen krom yang memanjang menyatu dengan lampu utama. Belum lagi, lampu utama dengan desain sedikit tipis.

Anehnya, pada bagian depan tidak dilengkapi lampu kabut atau fog lamp. Padahal, jika melihat mobil tersebut di Malaysia, perangkat tersebut sudah ada. Selain itu, saat hujan atau kondisi berkabut, fog lamp cukup bermanfaat.

Untuk desain belakang, rasanya ada yang kurang. Ya, hal ini karena mobil tersebut tidak lengkapi wiper. Padahal jika hujan turun, perangkat ini sangatlah bermanfaat untuk menyapu air dan kotoran, sehingga pengemudi bisa melihat jelas ke arah belakang.

Selain itu, pada bagian buritan ini terasa kurang cantik. Sebab tidak dilengkapi spoiler. Alhasil, bokong belakang terlihat tepos.

Demikian juga dengan bagian kaki-kaki, mobil ini hanya menggunakan velg berukuran 14 inci. Mungkin, jika dipasang velg ukuran 15 inci tampilannya akan lebih mantap.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Interior

 

Masuk ke dalam kabin, kesan pertama terlihat elegan. Pasalnya, seluruh interior ini dipadukan dengan balutan warna hitam. Bagian dashboard pun dibuat padat.

Menurut beberapa rekan media, meski diplot sebagai city car, bagian kabin mobil ini terasa lega. Bagian jok juga terasa empuk.

Hanya saja, sistem hiburan mobil ini belum lengkap karena tidak menggunakan LCD layar sentuh. Padahal, saat ini head unit jenis tersebut sedang hits. Belum lagi jika ditambah audio control steering, pasti akan lebih ciamik.

Perfoma

Saat dipacu di jalanan mobil bermesin 1,3 liter ini cukup nyaman. Handling terasa ringan dan juga gesit saat beberapa kali meliuk-liuk dan berputar.

Hanya saja, saat melaju di jalur yang menanjak, terasa berat. Padahal, pedal gas diinjak sampai mentok dan raungan mesin cukup terdengar keras.

Diketahui, Iriz dilengkapi mesin 1.3 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 93 hp pada 5.750 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.000 rpm.‎

Sekadar infromas, untuk pasar Indonesia, Proton Iriz dilengkapi mesin 1.3 liter yang dikawinkan dengan transmisi manual dan CVT.‎ Namun pilihan ini berbeda dengan yang ada di Malaysia, karena di negerinya Iriz dilengkapi mesin 1.6 liter dan 1.3 liter.

Yang membuat menarik dari mobil ini yaitu banyak fitur keselamatan dan keamanan, seperti rem ABS (Anti Lock Breaking System), EBD (Electronic Braking Distribution), BA (Break Assist), ESC (Electronic Stability Control), TC (Traction Control), dual airbags, Hill Hold Assist, immobilizer, impact sensing door unlock.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini