Sukses

Peugeot Beli Merek Ikonik India

Liputan6.com, Kolkata - Lama tak terdengar kabar atau melakukan sesuatu yang besar, Peugeot tiba-tiba menggebrak dengan langkah yang tidak terprediksi. Pabrikan asal Perancis ini resmi membeli merek ikonik India.

Dilaporkan cnbc.com, pabrikan yang dimaksud adalah Ambassador, milik Hindustan Motors. Hindustan Motors sendiri dimiliki grup bisnis bernama C.K. Birla Group.

"Hindustan Motors telah melaksanakan kesepakatan dengan Peugeot SA untuk menjual merek Ambassador, termasuk merek dagangnya, untuk harga 800 juta rupee (Rp 159 miliar)," tulis pernyataan resmi Hindustan Motors.

Ambassador sendiri punya sejarah panjang. Merek ini mulai beroperasi pada 1958. Merek ini pernah menjadi simbol bagi status seseorang dan dianggap sebagai merek elit. Tak heran jika sedan mereka pernah dipakai Perdana Menteri dan orang penting lainnya.

Ambassador juga merupakan mobil pertama yang dibuat di India. Namun, pada pertengahan 1980-an, merek ini mulai tersaingi oleh Maruti Suzuki, melalui mobil kecilnya "800". Dekade selanjutnya merek ini semakin sulit bersaing, seiring dengan semakin banyaknya merek-merek asing masuk ke pasar India dengan teknologi lebih canggih.

Hindustan Motors kemudian benar-benar menghentikan produksi Ambassador pada 2014. Setahun sebelum berhenti, merek ini masih bisa menjual sekira 200-an unit mobil.

Tidak dijelaskan apa yang akan dilakukan Peugeot selanjutnya. Namun yang jelas, model apapun yang akan mereka jual, akan tetap mendapat tantangan dari Suzuki yang merupakan penguasa pasar roda empat di India dengan market share lebih dari 50 persen.

Artikel Selanjutnya
Top3: Cicilan Murah dan Skema Kredit Mitsubishi Xpander
Artikel Selanjutnya
Mobil Termurah di GIIAS 2017 dari Merek-Merek Jepang