Sukses

Boleh Juga Bila Jakarta Punya Bus Kota Serupa Havencity Riverbus

Havencity Riverbus, bus kota yang bisa melaju di darat dan di perairan dengan mulus.

Liputan6.com, Hamburg - Banjir yang menggenang cukup tinggi akan menjadi masalah bagi kendaraan apapun, termasuk bus kota. Namun nampaknya hal ini tidak berlaku bagi bus asal Jerman ini. Ia akan dengan lincah melintasi banjir.

Bus canggih ini bernama Havencity Riverbus, yang beroperasi di kota Hamburg, Jerman. Sebagaimana namanya, bus ini dapat melaju di dua alam sekaligus. Ia baru diperkenalkan pada pertengahan 2016 lalu dan namanya cukup meroket setelah itu.

Selain itu masyarakat umum, sebagaimana dikutip dari laman hamburg.de, bus itu juga melayani tur keliling kota. Dari mulai kota bersejarah Speicherstadt, hingga Rothenburgsort yang terkenal dengan nilai seninya.

Perlu waktu sekira 70 menit untuk menempuh semua rute, dengan 40 menit di darat atau aspal, 30 menit rute air. Namun, ujar laman resmi mereka, perlu dicatat bahwa lamanya menempuh perjalanan sangat tergantung pada pasang surutnya air.

Saat di darat, bus amfibi ini kecepatan maksimalnya mencapai 65 km/jam. Sementara di air, kecepatan maksimalnya 7 knot, atau setara dengan 13 km/jam.

Laman resmi mereka tidak menjelaskan bagaimana mekanisme kerja bus ini. Namun, layaknya bus amfibi lain, ia bisa melaju di air karena bagian bawah bus dirancang mirip seperti kapal laut, serta bagian depan yang tidak rata, berfungsi untuk memecah air dengan mudah. Biasanya juga ada penggerak khusus saat di air.

Havencity Riverbus juga bukan bus amfibi pertama di dunia. Sebelumnya telah ada yang beroperasi. Salah satunya adalah Terra Wind, hasil karya karoseri CAMI (Cool Amphibious Manufacturers International, LLC). Simak videonya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.