Sukses

PAL-V si Mobil Terbang, Seberapa Hebat Sebenarnya?

PAL-V memiliki mesin empat silinder dan mampu menghasilkan tenaga 100 tenaga kuda. Jika di udara, daya yang dikeluarkan 200 tenaga kuda.

Liputan6.com, Amsterdam - Pal-V, merek mobil terbang asal Belanda ini sudah bisa dipesan. Perusahaan ini siap memasarkan Pal-V dalam dua pilihan yaitu Liberty Pioneer Edition seharga US$ 599 ribu atau sekitar Rp 7,9 miliar dan model Liberty Sport dilepas US$ 399 ribu atau Rp 5,3 miliar.

Rencananya, mobil yang dapat beradaptasi di jalanan aspal dan terbang di angkasa ini akan mulai dikirim ke konsumen pada akhir 2018 mendatang.

Lantas seberapa hebat mobil terbang tersebut?

Pal-V Liberty merupakan kendaraan roda tiga dengan desain cukup unik. Jika dilihat saat terbang, mobil yang satu ini justru mirip helikopter mini.

Mobil terbang yang punya kapasitas angkut dua penumpang ini terbuat dari serat karbon, titanium, dan aluminium. Bobot mobil ini tercatat 640 kg.

Saat hendak mengudara, Pal-V meregangkan baling-baling dan juga mesin terpisah untuk memberikan daya dorongnya.

Perubahan bentuk dari mobil ke model terbang memakan waktu 10 menit. Pal-V harus memiliki landasan pacu khusus dengan jarak tidak terlalu panjang, yaitu 182 meter.

PAL-V bermesin empat silinder, jika di darat tenaga yang dimuntahkan mencapai 100 tenaga kuda. Namun lain halnya jika di udara, daya yang dikeluarkan sebesar 200 tenaga kuda.

Dilansir Motor1, Jumat, (17/2/2017) untuk model Pal-V Liberty, diklaim bisa terbang sejauh 399 kilometer. Jika ditumpangi satu orang, jarak tempuh bisa lebih jauh yaitu 499 km, dengan kecepatan 180 km/jam.

Mobil terbang ini memiliki kapasitas tangki 27 galon (102 liter), dengan melaju di ketinggian sekitar 4.000 kaki (1.229 meter).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini