Sukses

Siram Kondensor AC untuk Mempercepat Pendinginan

Agar lebih cepat dingin, siramkan air ke atas kondensor AC sekitar 1-2 menit. Tetapi jangan lupa, semprotan air saat mesin mati.

Liputan6.com, Jakarta: Bagian kondensor pada AC sangat berperan penting dalam mendinginkan ruangan. Di dalam kondensorlah terjadi proses pendinginan freon, sehingga ruangan akan terasa dingin ketika hasil pendinginan itu dikeluarkan melalui blower. Tetapi, apa jadinya jika kondensor sendiri berada dalam keadaan panas? Karena “terpanggang” sinar matahari, misalnya. Pasti proses kerjanya sedikit terganggu. Minimal, akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mendinginkan ruangan.

Nah, asumsi seperti itulah yang mendorong Mario Hartato melakukan solusi sederhana ketika kabin mobilnya panas akibat diparkir di bawah terik matahari. Untuk mendinginkan kabin, Mario tidak hanya membuka jendela lebar-lebar agar udara bersuhu panas di dalam kabin keluar dan berganti (bersirkulasi) dengan udara yang baru. Agar lebih cepat dingin, ia juga menyiramkan air ke atas kondensor AC. “Lamanya sekitar 1-2 menit,” ujar mario. Menurutnya, dengan tambahan cara di atas, kerja AC dalam mendinginkan ruangan bisa jauh lebih sempurna.

Tetapi, “Kondisi ini hanya untuk mobil yang dijemur matahari yang sangat panas,” katanya. Meskipun cara ini baik dan dapat membantu kerja pendinginan, AstraWorld memberi satu catatan kecil. Saat menyiramkan air ke kondensor di tengah mesin yang sedang menyala, sebaiknya tetap berhati-hati agar air siramannya tidak berimbas ke bagian-bagian lain. Misalnya, air mengenai kipas yang sedang berputar sehingga airnya mengenai kabel-kabel kelistrikan.

Kehati-hatian ini hanya untuk mencegah efek samping jika bagian-bagian tersebut terkena air. Efek siraman air terhadap kinerja AC pada cara di atas sebenarnya sangat mirip dengan yang terjadi setelah AC dibersihkan. Lihat saja AC rumah. Tiap kali AC rumah di-service, pasti akan dilakukan pembersihan kondensor dengan cara menyemprotkan air bertekanan. Semprotan tersebut akan merontokkan debu atau kotoran yang menempel di kisi-kisi kondensor. Dengan kondisi kondensor yang bersih, otomatis kinerjanya dalam mendinginkan ruangan akan berjalan lebih baik. Maka, untuk membantu kinerja AC mobil, Anda pun dapat melakukan cara serupa. Misalnya, saat mencuci kendaraan, Anda bisa sekaligus menyemprotkan air bertekanan ke kisi-kisi kondensor. Tetapi jangan lupa. Semprotan air ini kita lakukan saat mesin mati. (http://www.astraworld.com/mla)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini