Sukses

Mobil Listrik Trumpchi, Apanya Donald Trump?

Liputan6.com, Guangzhou - Donald Trump mungkin merupakan salah satu nama paling populer dewasa ini. Ia adalah presiden baru Amerika Serikat (AS) yang cukup kontroversial. Menariknya, baru-baru ini ada mobil baru yang namanya mirip Trump.

Sport Utility Vehicle (SUV) itu diberi nama Trumpchi GE3, yang debut di Detroit Auto Show dalam bentuk konsep. Sekarang, mobil dari telah masuk dapur produksi. Trumpchi sendiri adalah merek yang berada di bawah naungan GAC Group, asal Tiongkok.

Namun jangan salah kira dulu. Meski namanya mirip, namun Trumpchi dan Trump tidak memiliki hubungan apapun. Trumpchi bahkan telah berdiri sejak 2010 lalu, tahun dimana Trump belum sepopuler sekarang sebagai tokoh politik.

Meski demikian, tetap saja Trump berpengaruh terhadap merek ini. Terbukti, saat dipamerkan di Detroit Auto Show, emblem besar bertuliskan "Trumpchi" di bagian belakang GE3 dihapus. Padahal di Tiongkok emblem tersebut jadi identitas.

"Sangat mungkin sebagai upaya untuk menghindari dihubungkan dengan presiden Donald Trump," tulis laman carscoops.com, dikutip Senin (20/2/2017).

Trumpchi GE3 sendiri ditawarkan di Tiongkok dengan satu pilihan mesin, yaitu full-electric yang tenaganya setara 177 Tk.

Ke depan, mobil ini juga akan dijual di Amerika Serikat (AS). Jika jadi, maka emblem "Trumpchi" dipastikan akan hilang. Yang belum jelas apakah di AS nanti mobil ini juga hanya tersedia dalam varian listrik saja, atau akan ada mesin konvensional.

Artikel Selanjutnya
Mobil Listrik CBU Perlu Insentif untuk Rangsang Pasar, Mengapa?
Artikel Selanjutnya
Keunggulan Kendaraan Listrik versi PLN