Sukses

Musim Hujan Helm juga Harus Dirawat, Begini Caranya

Liputan6.com, Jakarta - Helm merupakan perangkat wajib para biker wajib diperhatikan. Sebab, di musim hujan, helm kesayangan bisa menjadi masalah. Mulai dari bau apek, kaca berjamur, dan lecet.

Supaya tidak terjadi masalah lanjutan, ada baiknya biker melakukan langkah perawatan. Tidak perlu ke tempat pencucian helm karena perawatan ini relatif mudah.

Nah, kali ini dilansir FIFGroup, ada beberapa tips cara merawat helm yang baik dan benar. Berikut ulasannya:

- Buka kaca penutup, khususnya pada helm fullface. Jika terus dibiarkan, udara pengap dan bau bekas keringat kepala akan menempel pada busa helm. Helm yang tak terkena panas matahari juga menjadi salah satu penyebab bau tak sedap pada helm.

- Jemur helm setelah digunakan. Jadwalkan menjemur helm setidaknya seminggu sekali atau usai perjalanan jauh untuk mengantisipiasi bau. Letakkan helm terbalik saat dijemur agar memudahkan penguapan keringat di dalam helm.

- Berikan ventilasi saat disimpan. Meski tidak digunakan, perhatikan ventilasi agar sirkulasi udara berjalan baik saat Anda menyimpannya di suatu tempat.

- Gunakan wewangian. Untuk menghindari bau tak sedap pada helm, bisa menyemprotkan wewangian. Namun, pilih minyak wangi dengan kadar alkohol yang rendah. Pasalnya alkohol mampu membuat busa helm cepat kering dan kisut.

- Gunakan wewangian berkadar alkohol dengan tepat pada kaca. Caranya, semprotkan dari jarak jauh, tidak menggunakan banyak-banyak, dan segera bersihkan dengan kain atau tisu untuk mencegah timbulnya jamur.

- Gunakan helm saat rambut kering. Beberapa produk rambut, seperti pomade, minyak rambut, conditioner, atau bahkan belum mengeringkan rambut bisa memancing timbulnya jamur dan bau karena kondisi helm menjadi lembab.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini