Sukses

Begini Cara Aman Hindari Lubang di Jalan

Liputan6.com, Jakarta Tak bisa dipungkiri saat musim hujan, banyak jalan rusak dan berlubang sekalipun di jalan protokol. Lubang bahkan tak terlihat karena tergenang air. Itu berbahaya.

Nah, untuk menghindari kecelakaan ataupun kerusakan pada mobil (velg, ban, dan suspensi), pengemudi wajib waspada terutama di musim hujan ini. Bukan sekedar berusaha lebih awas, tapi ada tips dan trik khusus agar terhindar dari bahaya yang perlu diperhatikan.

Dikutip dari Astraworld, berikut tips dan triks menghindari lubang:
1. Bila melalui rute rutin, posisi lubang pasti sudah bisa diketahui. Antisipasi dari jauh dengan berpindah jalur saat mendekati lubang.
2. Jaga jarak dengan kendaraan depan sehingga punya kesempatan mengurangi kecepatan atau menghindar.
3. Bila melihat lubang saat berkendara dengan kecepatan lebih dari 60 km/jam, usahakan pengereman tidak dilakukan dadakan untuk menghindari tabrak belakang. Kurangi kecepatan secara bertahap.
4. Jangan menghindar mendadak pada kecepatan tinggi. Efek banting stir dapat membahayakan karena mobil bisa hilang kendali selain bisa tabrakan dengan kendraan lain.
5. Jangan terlalu lama berada di sisi samping mobil lain. Lebih baik ada di depan atau di belakang mobil lain untuk memberi kesempatan kepada mobil lain untuk menghindar ketika kita berusaha menghindari lubang.

Artikel Selanjutnya
Mau Aroma Rumah Anda Selalu Segar? Ini Rahasianya!
Artikel Selanjutnya
Mau Punya Taman yang Indah Tapi Hemat Biaya? Begini Caranya!