Sukses

4 Ciri Ban yang Cocok di Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan ban yang cocok sangat penting pada kendaraan. Apalagi tengah malam tadi hingga pagi (21/1/2017), Jakarta diguyur hujan deras yang mengakibatkan banjir di beberapa titik. Namun ini tak bisa jadi alasan para pekerja untuk tidak pergi ke kantor dengan selamat.

Dengan menggunakan sepeda motor, ribuan orang menjejali jalanan. Tentu hujan dan banyaknya genangan air seperti ini harus diantisipasi oleh para bikers. Salah satunya adalah dengan menggunakan ban yang cocok di jalanan basah.

Ini bukan berarti harus ganti ban yang khusus dipakai di trek basah. Lagipula, ban-ban yang dipakai harian umumnya tidak berjenis trek basah atau kering sebagaimana ban-ban untuk balap. Ban harian umumnya medium, dengan kekerasan material menengah.

Namun begitu, tetap ada ban yang lebih baik ketimbang ban lain saat hujan. Ini biasanya dibedakan berdasarkan beberapa ciri, misalnya bentuk kembangan atau tipe alurnya. Lantas, ban seperti apa yang cocok untuk hujan atau jalanan basah? Diolah dari laman Astra Credit Companies (ACC), berikut ulasannya:

Pertama, ban yang baik untuk menerabas trek basah adalah ban yang memiliki motif kembangan bergaris dengan jarak menengah, tidak terlalu rapat atau renggang.

Ban dengan pola ini daya cengkeramnya optimal, dan lebih penting dari itu, bisa lebih mudah memecah air. Apalagi jika dibanding dengan ban bermotif kembangan yang rumit.

Kemudian, selain bermotif kembangan rumit, ban slick juga tidak baik untuk dipakai saat hujan. Meski ban ini dapat mencengkeram aspal dengan maksimal, tetapi jika ia melintasi trek basah, cengkeramannya akan berkurang signifikan.

Ban yang baik juga bukan ban yang masih memiliki lapisan silikon. Pasalnya lapisan yang biasa ada pada ban baru ini membuat ban lebih licin.

Terakhir, ban yang baik saat hujan adalah ban dengan alur undirectional. Ciri alur ini adalah memiliki telapak berbentuk V atau anak panah. Sama dengan ciri pertama, alur undirectional juga efektif dalam memecah air ketimbang alur bidirectional.

Artikel Selanjutnya
Ini Manuver Michelin untuk MotoGP San Marino
Artikel Selanjutnya
Australia Bersiap Hadapi Musim Dingin 'Terganas'