Sukses

Penyebab Ban Motor Cepat Botak

Liputan6.com, Jakarta - Ban sepeda motor umumnya didesain untuk bisa bertahan selama 1,5 hingga 2 tahun. Namun, karena beberapa kesalahan dalam berkendara membuat ban sepeda motor lebih cepat botak atau gundul. Demikian seperti dikutip dari forum hubpages.com.

Selalu menggunakan standar samping

Ya, kesalahan ini merupakan salah satu yang paling banyak dilakukan oleh pengendara. Standar samping memang lebih mudah, tetapi sekaligus membuat beban motor terpusat di satu sisi.

Akibatnya shockbreaker juga menjadi condong ke kiri dan menekan ban sebelah kiri. Hal ini membuat bagian kiri ban semakin cepat aus.

Tekanan angin kurang

Tekanan angin ban untuk setiap motor bisa berbeda tergantung dari pabrik masing-masing. Jika tekanan yang ada tidak sesuai rekomendasi, maka ban motor akan semakin menapak ke aspal. Hal inilah yang membuat permukaan ban motor menjadi semakin cepat aus.

Mengangkut beban berat

Banyak orang yang menggunakan motor untuk mengangkut beban berat. Padahal, ketika beban yang diangkut melebihi bobot maksimum motor, maka dapat menimbulkan bahaya.

Dengan semakin bertambahnya beban, maka permukaan ban akan semakin tertekan pada aspal dan membuatnya melebar. Tentunya jika berlangsung terus, ban akan semakin cepat gundul. Karena itu sebaiknya perhatikan bobot maksimum yang dapat diangkut motor Anda.

Jarang membersihkan ban

Setiap harinya, Anda tidak tahu bahan kimia apa saja yang menyentuh permukaan ban motor saat berkendara. Padahal ada beberapa zat yang dapat membuat ban lebih cepat habis seperti cat, oli, bensin, air sabun, dan lain-lain.

Karena itu sebaiknya rajin-rajinlah membersihkan ban motor Anda.
Saat membersihkan, hindari penggunaan sabun colek atau deterjen bubuk yang dapat mengurangi umur ban. Jika malas, cukup basahi dan sikat ban. Setelah itu bilas dengan air bersih.

Berkendara dengan kecepatan tinggi

Saat mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, Anda juga akan lebih mungkin mengerem secara mendadak dan dengan lebih sering. Mengerem dapat menambah beban pada ban, apalagi jika dilakukan secara mendadak. Karena itu, kebiasaan ini dapat membuat ban lebih cepat gundul.

Artikel Selanjutnya
Menelisik Setan dalam Atraksi Tong Setan
Artikel Selanjutnya
Kebanyakan Knalpot Ada di Sebelah Kanan, Kenapa Demikian?