Sukses

Solusi Otomotif: Mesin Ngelitik Selepas Ganti Busi

Saya pemakai Toyota Yaris 2006 type E Transmisi Matic, dengan bahan bakar saya isi pertalite dan terkadang pertamax (kalau pertalite sedang kosong). Yang ingin saya tanyakan kepada Pak Haji adalah, bahwa mesin mobil yaris saya sekarang suka ada bunyi menggelitik2 gitu, kalo dr RPM rendah hendak naik ke RPM tinggi, ini sudah terjadi hampir 1 tahun, saya sudah pernah bawa juga ke Totoya Resmi untuk ditangani, tapi hasilnya tetap demikian (saya sudah bawa 3x bolak balik sejak mesin mulai menggelitik). Apakah dari Pak Haji bisa memberikan solusinya karena dari Toyota Resmi saja sudah angkat tangan kenapa bisa mesin mobil saya tetap menggelitik.. Dan 1 lagi yang ingin saya tanyakan, apakah salah pemasangan busi mobil bisa berakibat menjadi mesin mobil menjadi menggelitik juga?? Karena saya pernah tune-up & mengganti busi, oleh teknisi bengkel yg dipasangkan ke mobil saya bukan busi utk mobil yaris, melainkan busi unutk avanza, jadi sejak saat itu mesin mobil yaris saya menjadi seperti itu..  apakah itu berpengaruh?? Terima kasih sebelumnya. -Hengki Konardi-

Liputan6.com, Jakarta Terima Kasih atas pertanyaannya Pak Hengki di Jakarta.

Sebelum saya menjawab pertanyaan di atas, ada data tambahan yang saya butuhkan yaitu kilometer tempuh sekarang sudah berapa (odometer). Setiap harinya berapa kilometer.
Kalau melihat tahun pemakaian Yaris Pak Hengki sudah masuk di usia 11 tahun pakai, merupakan waktu pakai operasional yang cukup lama. Nah kemungkinan penyebab mesinnya menjadi ngelitik antara lain :
1. Di ruang pembakaran mesin terdapat kerak karbon yang sudah menumpuk.
2. Sistim pengapian (knock sensor), sistem EFI, mekanikal di dalam mesin piston atau ring pistonnya sudah mengalami keausan.
3. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai saran dari pabrik.
4. Kendaraan Yaris ini setiap hari melalui jalan dalam kota dan selalu macet (jarang sekali di tol) Kilometer tempuhnya pendek.

Hal hal yang saya sebutkan 1-4 itu yang dapat menyebabkan mesin menjadi ngelitik.
Mengenai penggantian busi yang tidak sesuai dengan standar pabrik salah satu komponen mesin yang dapat menyebabkan mesin ngelitik, lebih baik distandarkan lagi businya.
Saran saya coba di analisa ulang secara detail di Bengkel Toyota Resmi (BERES) untuk mendapatkan data kondisi yang ada sekarang.

Semoga jawaban saya dapat membantu Pak Hengki menuntaskan problem Yaris E yang ngelitik mesinnya.

Terima Kasih
Salam Sukses

H Agus Mustafa

==

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:


Subject : SOLUSI OTOMOTIF MOBIL/MOTOR
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh juara satu National Toyota Technicians Skills Contest  dan jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.