Sukses

Honda Civic Nova Penyandang Gelar Ultimate Builder

Liputan6.com, Jakarta - Di hari terakhir penyelenggaraan AutoPro 2017, National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) mengumumkan mobil modifikasi yang berhak menyandang gelar Ultimate Builder. Hasilnya, Honda Civic Nova milik Ricky Dianto keluar sebagai pemenang.

"Mobil ini punya semua unsur yang telah ditetapkan oleh tim juri. Kalau nanti dipamerkan di ajang internasional bisa membanggakan Indonesia," terang Ted Diesta selaku tim juri NMAA Top 30 di JCC, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/2) malam. Menurut Ted, mobil ini memiliki konsep yang matang dan memiliki detail pengerjaan yang baik.

Ricky sang pemilik mobil mengatakan, awalnya Honda Civic Nova tersebut bukan untuk kontes melainkan untuk turun di ajang balap di Sirkuit Sentul. Namun karena ada beberapa kendala, ia poles kembali mobilnya tersebut hingga layak turun kontes.

Mesin Honda Civic Type R ditanam pada bodi Honda Civic Nova(Septian/Liputan6.com)

Ia menuturkan, mobil berkelir hijau metalik ini tidak murni Honda Civic Nova lansiran 1990. Pasalnya, sektor mesin dan kelistrikan menggunakan Honda Civic Type R keluaran 2007 yang ia beli di Malaysia.

"Bisa dibilang Nova-nya tinggal menyisakan bodi dan kaki-kaki. Mesin, kelistrikan, ECU dan dashboard dari Civic Type R. Jadi kayak kloning dua mobil jadi satu," kata Ricky.

Lebih lanjut ia menyebutan, mesin 2.000 cc milik Civic Type R yang digunakan memiliki output hingga 300 Tk. Dalam melakukan modifikasi ini, ia mengaku sudah menghabiskan lebih dari Rp 600 juta.

Rekor Otomotif Indonesia
Pada kesempatan yang sama, NMAA turut memperkenalkan Rekor Otomotif Indonesia (ROI) sebagai penghargaan dan apresiasi kepada pelaku industri otomotif Indonesia. Saat itu ada tiga pihak yang menerima penghargaan.

Pertama adalah PT Sembilan Tarsus International sebagai penyelenggara event aftermarket pertama di Indonesia. Kedua adalah Jimmy Lukita sebagao pebalap terkonsisten selama 39 tahun, dan Luckas Engine Plus sebagai pemilik Honda Estilo dengan Horse Power Tertinggi di Indonesia, yaitu 1.000 Tenaga kuda (Tk).

"Kami mengapresiasi kreativitas, udaha dan semua hasil karya di bidang otomotif yang tentunya dapat memacu pertumbuhan dan perkembangan dunia otomotif di Indonesia ke arah yang lebih maju," ujar Founder ROI Tomy Gunawan.

Artikel Selanjutnya
Jangan Bandingkan Vespa Listrik dengan Gesits atau Viar Q1
Artikel Selanjutnya
Mesin Ferrari Jadi yang Terbaik Sejagad