Sukses

Mobil Sang Raja Arab dan Keluarganya

Liputan6.com, Riyadh - Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud, Raja ‎Arab Saudi menyita perhatian publik Indonesia dalam beberapa hari ke belakang. Ia akan berkunjung ke Indonesia dalam tugas kenegaraan plus berlibur di Bali.

Dalam lawatannya ini, rombongan raja membawa banyak barang-barang dan keperluannya sendiri. Salah satunya adalah dua unit Mercedes-Maybach S600 Guard. Ini merupakan sesuatu yang unik karena umumnya hal-hal itu disediakan negara tujuan.

Mercedes-Maybach S600 Guard sendiri bukan mobil yang sembarangan. Sedan ini telah tersertifikasi sebagai mobil yang tahan terhadap serangan granat, dilengkapi senapan serbu, lapisan plat anti peluru, termasuk kaca, dan lain sebagainya.

Ini bukan kali pertama, sekaligus juga bukan persiapan Raja Salman yang paling mewah dalam lawatannya ke negara lain. Tahun lalu, saat berkunjung ke Turki dalam rangka pertemuan Organization of the Islamic Cooperation (OIC), ia membawa 100 mobil mewah.

Semua mobilnya saat itu berwarna hitam, dan dilengkapi dengan perlengkapan keamanan tingkat tinggi.

1 dari 2 halaman

Koleksi Mobil Pangeran

Sayangnya, sejauh ini tidak diketahui pasti mobil pribadi sang raja di istananya sendiri. Hal ini kemungkinan disebabkan karena kehidupan pribadi raja tidak boleh terekspos terlalu detail. Contohnya saja, menurut laman CNN, sampai saat ini nama istri dan jumlah anak raja Salman tidak diumumkan secara resmi.

Yang jelas, ia bisa membeli mobil apapun yang diinginkan. Pasalnya, menurut laman toprichests.com, dikutip Selasa (28/2/2017), Salman adalah pejabat pemerintahan terkaya di Arab Saudi, dengan total kekayaan sebesar US$ 18 miliar.

Famili keluarga kerajaan justru lebih mudah diketahui koleksi mobilnya, meski sekali lagi tidak diketahui secara presisi. Pangeran Saudi, Prince Badr bin Saud misalnya, diketahui merupakan satu dari segelintir orang yang memesan Bugatti Chiron.

Ia membeli hypercar itu tahun lalu, satu paket dengan Bugatti Gran Turismo, sebuah mobil konsep yang dikembangkan dari salah satu mobil di game balap tenar Playstation.

Kemudian, pada 2015 misalnya, anggota kerajaan Arab yang tidak disebutkan namanya membeli Rolls Royce Ghost Red Diamond Edition, tipe satu-satunya yang dibuat secara handmade. Mobil ini bahkan dilengkapi 41 butir berlian mahal di kabin.

Sebagai informasi tambahan, total kekayaan keluarga kerajaan Arab Saudi, menurut laman Forbes, mencapai US$ 14 triliun. Total jumlah anggota kerajaan mencapai 15 ribu, namun hanya 2.00 orang saja yang termasuk kalangan kaya.