Sukses

Ini Syarat Mobil untuk Transportasi Rombongan Raja Arab

Liputan6.com, Jakarta - Rombongan Raja Salman dari Arab Saudi akan datang ke Indonesia pada 1 hingga 9 Maret nanti. Sejumlah persiapan dilakukan dengan matang. Termasuk soal transportasi yang akan rombongan gunakan selama di sini.

Sejauh ini, berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari banyak sumber, ada 720 unit mobil yang akan dipakai rombongan. 360 akan digunakan di Jakarta dan sekitarnya, sisanya digunakan di Bali, saat rombongan  Raja Salman berlibur.

Yang menarik, rombongan kerajaan yang jumlahnya mencapai 1.500 orang itu nampaknya tidak memberikan syarat yang aneh-aneh terhadap mobil yang akan disewa. Hanya ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, dan itu relatif mudah.

Rudy Salim, Presiden Direktur importir mobil Prestige Motorcars, salah-satu pihak yang diminta untuk menyediakan mobil, mengatakan bahwa pemesan, dalam hal ini event organizer (EO) yang ditunjuk Kedutaan Arab Saudi, meminta yang penting mobil mewah.

"Mereka minta Mercedes S400 dan S500 10 unit. Cuma kami hanya sanggup 5 unit, ada S400, S400Hybrid, S500, S350 dan CLS3500," ujar Rudy kepada Liputan6.com.

Menurutnya, pihak penyewa tidak meminta standar khusus, misalnya soal keamanan. "Untuk standar keamanan tidak ada," tambah Rudy. Yang menarik, semua yang dipesan adalah Mercy. Padahal Rudy sendiri sempat menawarkan BMW.

"Saya sempat tawarkan merek lain tapi tidak mau. Ada beberapa faktor kenapa begitu, tapi saya tidak bisa sebutkan alasannya karena sepertinya bukan kewenangan saya. Harus tanya ke pihak mereka langsung," terang Rudy dalam sambungan telepon.

Terakhir, pihak EO meminta agar mobil-mobil itu yang penting tidak terlalu tua. "Yang penting tahun 2011 ke atas," tutup Rudy.

Artikel Selanjutnya
Bus Salawat Kembali Layani Jemaah Haji Indonesia Selasa
Artikel Selanjutnya
Tim Transportasi Petugas Haji Mekah Bersiap Pulangkan Jemaah