Sukses

Honda Buka Unit Riset "X" di Tokyo

Liputan6.com, Tokyo - Honda Motor Co, resmi membuka unit baru bernama R&D Center X di Innovation Lab Tokyo, Jepang, Selasa (28/2) kemarin. Unit yang akan beroperasi pada april ini akan fokus dalam pengembangan robotika, layanan dan sistem mobilitas, kecerdasan buatan (AI), dan teknologi energi --termasuk baterai.

Menurut laporan Automotive News, diharapkan unit ini dapat memberikan hasil langsung berupa inovasi yang bisa diterapkan dalam produk. Diharapkan pada tahun depan ada terobosan baru soal robotika, dan pada 2020 ada inovasi soal teknologi otonomos.

"Awalnya, R&D Center X akan fokus pada robotika dan kecerdasan buatan," ujar Yoshiyuki Matsumoto, Chief Research and Develompment Honda. "Namun kami berencana untuk mengubah area target kami sesuai dengan perubahan di dunia," tambahnya.

Unit ini tidak bekerja secara tertutup. Dalam arti, mereka akan menggandeng mitra dari eksternal yang juga selaras dengan program perusahaan bernama Xcelerator.

Pemilihan Tokyo sendiri bukan tanpa sebab. Di negara asalnya itu, banyak sumber daya berbakat. Opsi yang biasanya dipilih pabrikan lain namun tidak dilakukan Honda adalah membuka pusat riset di Silicon Valley, Amerika Serikat (AS).

Itu pula mengapa unit baru ini diberi embel-embel "X". X adalah simbol dari sesuatu yang masih misterius, tidak diketahui.

Sebelum Honda, Toyota telah terlebih dulu membangun pusat riset dalam lingkup yang sama di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Pabrikan nomor dua terbesar di dunia itu bahkan menjanjikan akan ada "sesuatu" yang mereka hasilkan dalam lima tahun ke depan.