Sukses

Daihatsu Tapaki Usia 110 Tahun

Daihatsu menapaki usia ke-110 tahun. PT Astra Daihatsu Motor turut merayakannya.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat di hari ini (1 Maret 2017), 110 tahun yang lalu, berdirilah pabrikan mesin internal combusition di Jepang. Perusahaan itu sekarang masih berdiri, dan dikenal dengan nama Daihatsu Motor.

Dalam rangka menapaki usia tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut serta merayakannya. Bertempat di Sunter Assembly Plant, di Jakarta, Daihatsu menggelar acara khusus  dengan mengundang sejumlah pemangku kepentingan.

Pencapaian ini tentu tidak mudah. Sejak 1907 sampai saat ini, perusahaan yang berbasis di Osaka, Jepang, ini telah melewati serangkaian reformasi bisnis secara struktural. Mereka berhasil melewati lingkungan bisnis yang tidak kondusif.

Belum lagi berbagai kesulitan lain. Misalnya kesulitan bisnis Kei-car di negeri asalnya, dan persaingan ketat di Indonesia dan Malaysia, terutama dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, serta pengaruh kondisi politik dan ekonomi lainnya.

Di Indonesia, Daihatsu hadir pada 1962, saat bemo (becak motor) diperkenalkan sebagai sarana angkutan menjelang pelaksanaan Asian Games IV di Jakarta.

Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor Sudirman MR mengatakan, sejak ada di Indonesia, Daihatsu telah memperoleh beragam capaian. Di antaranya adalah memiliki kandungan local content hingga lebih dari 90 persen.

"Dalam rangka ulang tahun ini, di Indonesia Daihatsu akan merayakannya dengan serangkaian aktivitas menarik bersama konsumen dengan magic number 110," ujar Sudirman. Salah satu acara spesial yang dimaksud adalah merekondisi 110 unit mobil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.