Sukses

Toyota C-HR Raih Rating Keselamatan Maksimal

Liputan6.com, Sydney - Toyota C-HR mendapat rating keselamatan maksimal dari Australasian New Car Assessment Program (ANCAP), lembaga yang menilai tingkat keselamatan mobil-mobil baru dengan metode tes tabrak.

Ada dua hasil final yang diperoleh dari tes tabrak ini. Pertama adalah perlindungan terhadap orang dewasa (adult occupant protection/AOP), serta perlindungan terhadap anak-anak (child occupant protection/COP).

Pada proteksi orang dewasa, sebagaimana dikutip dari caradvice.com.au, Jumat (3/3/2017), C-HR mendapat angka 33.18 dari skor maksimal 38. Sementara proteksi anak-anak mendapat hasil 77 persen, dengan poin 38.03 dari maksimal 49 poin.

Satu tes lagi yang dijalani adalah safety assist test, yang baru diterapkan. Dalam tes ini, C-HR memperoleh angka 68 persen, atau 8,18 poin dari maksimal 12.

Perolehan maksimal ini menunjukkan bahwa C-HR adalah mobil yang aman dikendarai. Faktornya banyak, dimana salah satunya adalah banyaknya fitur pendukung. Di Australia, C-HR dilengkapi dengan peringatan sabuk pengaman hingga sistem pengereman otomatis.

Selain itu, C-HR spesifikasi Australia juga dilengkapi dengan tujuh airbag, termasuk di lutut pengendara.

CEO ANCAP, James Goodwin mengatakan bahwa C-HR adalah bukti bahwa keselamatan dan harga tetap bisa beriringan. Kaya fitur tak selamanya membuat harga mobil menjadi mahal. "C-HR adalah salah satu contoh mobil dengan harga terjangkau namun memenuhi standar keamanan tinggi di semua area," ujar James.

Namun demikian, ia tetap menggaris bawahi bahwa ada penurunan spesifikasi dari model yang dijual di Eropa. Di Benua Biru itu, fitur pengereman otomatis juga bisa mendeteksi pejalan kaki. "Memang agak mengecewakan," tambahnya.

Artikel Selanjutnya
Mengenal Varian Mesin Toyota yang Beredar di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Begini Wujud Daihatsu Sirion Active Anyar, Kapan Meluncur?