Sukses

Biaya Pasang Pelapis Anti Karat pada Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan pelapis anti karat memang telah banyak diterapkan pada mobil-mobil terbaru. Hanya saja, pengaplikasian lapisan ini disebut-sebut tidak menyeluruh. Bahkan, cenderung kurang maksimal.

Nah, bagi Anda yang tak ingin mobilnya mengalami karatan, bisa saja melakukan pelapisan anti karat ekstra.

Menurut Marketing Manager PT Terang Parts Indonesia (Protera Protection), Eric Maximillian, ada beberapa gejala yang membuat pelapis anti karat terkelupas.

"Kalau orang tahu mobil, pasti dia akan rawat juga kolong yang rawan kena karat. Ibaratnya, kalau kaki kita kerospos, pasti bisa pincang," jelas Eric saat ditemui Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

Salah satu pelapis anti karat yang ada di Indonesia yaitu Protera Protection. Pelapis ini bergaransi lima tahun, dan tiap tahun akan dilakukan aplikasi ulang.

Soal harga, lanjut Eric, memasang anti karat beragam, tergantung apakah yang akan dipasang itu mobil baru atau bekas. Kenapa mobil bekas lebih mahal? karena mobil seken pernah dipakai dan itu pasti memiliki beberapa kendala.

Mobil baru
-Small, panjang kurang lebih 4.000 mm Rp 2,1 juta
-Medium, panjang antara 4.000-4.600 mm Rp 2,2 juta
-Large, panjang lebih dari 4.601 mm Rp 2,5 juta

Mobil bekas
-Small, panjang kurang lebih 4.000 mm Rp 2,35 juta
-Medium, panjang antara 4.000-4.600 mm Rp 2,5 juta
-Large, panjang lebih dari 4.601 mm Rp 2,8 juta

Namun perlu diingat, harga ini bisa saja berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Selain itu, harga tersebut tidak berlaku pada jenis truk, bus, dan kendaraan besar lainnya, serta belum termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) 10 persen.

Artikel Selanjutnya
Pasang Peredam di Kabin Mobil Murah, Berapa Biayanya?
Artikel Selanjutnya
Sparepart Murah Mobil-Mobil Murah