Sukses

Alwaleed, Pangeran Arab yang Suka Janji Bagi-Bagi Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Kerajaan Arab Saudi tak diragukan lagi adalah salah satu keluarga paling kaya di dunia. Mereka bisa membeli apapun lewat keuntungan yang diperoleh dari berbagai sektor ekonomi, dari mulai perminyakan hingga properti.

Total kekayaan keluarga kerajaan Arab Saudi, menurut laman Forbes, dikutip Jumat (3/3/2017), mencapai US$ 14 triliun. Total jumlah anggota kerajaan mencapai 15 ribu, namun hanya 200 orang saja yang termasuk kalangan kaya.

Tak heran jika kemudian mereka sering pamer kekayaan. Turki Bin Abdullah, salah satu anggota kerajaan, pada Mei tahun lalu misalnya, pernah menggegerkan publik London karena berlibur dengan memboyong mobil-mobil mewah berlapis emas.

Ada pula anggota kerajaan lain yang pada 2015 lalu membeli Rolls Royce Ghost Red Diamond Edition, tipe satu-satunya yang dibuat secara handmade. Mobil ini bahkan dilengkapi 41 butir berlian mahal di kabin yang tentu sangat mahal.

Namun dari sekian unjuk kekayaan itu, terselip kisah yang cukup menarik. Pangeran Arab Saudi, Alwaleed bin Talal bin Abdul-Aziz Al Saud, alih-alih getol membeli mobil, justru ingin menyumbangkan mobil-mobil kepada masyarakat.

Totalnya tak main-main, mencapai 10 ribu unit.

Hal ini ia umumkan pada Juli, dua tahun lalu. Menurut laman huffingtonpost, mereka yang berminat diminta mengajukan permohonan melalui situs resmi organisasi amal (filantropi) yang didirikannya. 

Bukan kali itu saja ia berniat membagi-bagikan mobil. Sebelumnya, pada bulan April ditahun yang sama, ia juga berjanji akan memberikan 100 unit Bentley pada seluruh pilot yang ikut dalam operasi militer menyerang negara Yaman.

Namun kedua rencana bombastis ini nampaknya hanya tinggal rencana. Sejauh penelusuran, tidak ada tindak lanjut atau laporan yang menyebut pria kaya ini benar-benar memberikan mobil. Bahkan kicauannya yang menyebut hendak memberi mobil pada para pilot, dihapus setelah di-tweet ulang sebanyak 28 ribu kali.

Namun, pada 2013, ia benar-benar menghadiahi 25 unit Bentley untuk seluruh pemain Nasr FC setelah mereka memenangkan liga.

Alwaleed sendiri memang punya banyak mobil mewah di garasi rumahnya. Ia diketahui punya Mercedes Benz, Ferrari, Rolls-Royce, dan Lamborghini. Total, kendaraan yang dimilikinya mencapai 300 unit.

Artikel Selanjutnya
Gemerlap Mobil Raja-Raja Dunia
Artikel Selanjutnya
Mobil Koleksi Raja Salman dan Pemimpin Besar Dunia Lainnya