Sukses

Tips Jitu Hilangkan Bau Bensin di dalam Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Para pemilik mobil pasti pernah merasa mencium bau bensin saat berkendara. Tentu saja hal itu sangat menjengkelkan. Jika aroma bensin tercium berjam-jam sepanjang perjalanan, lama kelamaan kita bisa sakit kepala atau pusing. Ada tips jitu yang bisa dilakukan.

Tak sedikit, pengemudi harus membuka jendela dengan waktu cukup lama untuk menghilangkan bau tersebut. Padahal itu tidak menyelesaikan masalah kerena sumber bau masih ada. Bila ada kebocoran segera perbaiki kerusakan itu.

Bila karena tumpahan bensin maka sumbernya harus dideteksi. Untuk menghilangkan aroma bensin, langkah awal yang harus dilakukan adalah mencari sumber bau, mulai dari bawah karpet, bagasi, atau tempat lainnya.

Setelah menemukan sumber, khususnya yang menempel pada karpet, sebaiknya langsung dicuci dengan air dan sabun, untuk mengurangi efek kerusakan. Terkadang, walau noda kecil, bau bisa dapat menyebabkan hal yang lebih buruk. Demikian dilansir Autoevolution, Jumat (3/3/2017)

Adapun beberapa tips jitu menghilangkan bau bensin pada bagian kabin yakni:

Pertama, gunakan kopi. Kopi diketahui dapat menyerap bau pada umumnya, bukan hanya bensin. Kopi yang digunakan tidak harus mahal, karena biji-bijian ini meski memiliki harga yang beragam tapi fungsi dalam kasus ini sama.

Penggunaan kopi juga tidak menimbulkan noda pada karpet, sehingga tidak berbahaya.

Kedua, gunakan baking soda. Percikan baking soda di sumber bau, lalu diamkan selama satu malam. Dijamin, saat mobil akan dikendarai keesokan hari, bau akan hilang.

Ketiga, gunakan cairan pencuci piring. Cairan ini memiliki komposisi kimia yang dapat memecah minyak, sehingga dapat menghilangkan bau.

Keempat, gunakan cuka apel. Cairan ini bisa dimasukan ke dalam botol semprot atau spray, setelah itu semprotkan ke bagian sumber.  Kemudian, diamkan selama satu malam dengan posisi jendela terbuka.

Namun jika tips jitu tersebut membuat Anda cukup ribet, maka hal yang harus dilakukan adalah menggunkan pembersih interior, dan mengetahui petunjuk penggunaan. Adapun sejumlah metode  cara menghilangkan bau ini bisa tetap dilakukan dengan cara membuka pintu atau jendela selama 24 jam.

Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas
Artikel Selanjutnya
Gunakan 3 Bahan Alami Ini untuk Usir Noda Membandel pada Kloset