Sukses

Akuisisi Opel, PSA Group Tantang Volkswagen

PSA Group sepakat untuk mengakuisisi Opel dari General Motors (GM), dan berambisi untuk memimpin pasar menantang General Motors.

Liputan6.com, Paris - Pabrikan otomotif yang bermarkas di Paris, Perancis, PSA Group, sepakat untuk mengakuisisi Opel dari General Motors (GM), dan berambisi untuk memimpin pasar kendaraan di Eropa, menantang Volkswagen.

Dilansir Reuters, kesepakatan ini sejatinya sudah terjadi sejak Jumat (3/3/2017), namun baru diumumkan Senin (6/3/2017). Proses pendekatan PSA Group dengan GM terkait proses negosiasi, sebenarnya sudah berlangsung beberapa bulan lalu, namun pembicaraan kedua pabrikan otomotif besar ini berjalan alot.

Pasalnya, GM meminta beberapa permintaan kepada PSA Group terkait beberapa hal, seperti PSA Group tidak boleh menjual model Opel yang hampir sama dengan Chevrolet, khususnya di pasar Tiongkok.

Lalu, kesepakatan siapa yang harus menanggung dana pensiun yang ditanggung GM di Eropa sebesar Rp 13 triliun.

Kesepakatan proses akuisisi ini terjadi karena Opel tidak pernah lagi mengalami keuntungan selama 16 tahun berturut-turut, dan GM harus menerima kerugian hingga US 20 miliar dolar atau setara Rp 26,6 triliun.

Meskipun begitu, PSA Group masih yakin mampu mengembalikan kejayaan Opel, karena pasar di Eropa masih cukup menjanjikan dan masih bisa mendatangkan keuntungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini