Sukses

Belum Meluncur, Informasi Honda Civic Type R Bocor

Liputan6.com, Jenewa - Honda Motor Co. akan membuka selubung Civic Type R di Geneva Motor Show. Civic Type R adalah versi kinerja tertinggi dari Civic standar. Namun sebelum meluncur, fotonya sudah tersebar duluan.

Ini adalah Civic Type R generasi kelima, dan berdasarkan pada generasi kesepuluh Civic alias yang berpintu lima. Penyempurnaannya cukup agresif sehingga bisa dikategorikan sebagai hot hatch penantang Ford Focus RS.

Bahkan, dalam beberapa aspek mobil hot hatch ini lebih baik ketimbang "kakaknya". Misalnya, air intake model ini bahkan lebih besar. Perbedaan juga terdapat pada ventilasi fender, dan pelek yang lebih besar ketimbang model sebelumnya.

Dibanding dengan versi standar, Honda juga mengklaim banyak kelebihan lainnya yang tersemat pada mobil baru. Misalnya saja, ia diklaim punya paket aerodinamis yang lebih baik, yang dapat menyeimbangkan antara drag dan santai.

Civic Type R juga dilengkapi bodi yang lebih kaku dan ringan.

Di sektor mesin, tak ada yang berubah. Maklum, varian terakhir baru saja diluncurkan dua tahun lalu, durasi yang sebetulnya masih pendek. Tak heran jika kemudian Civic Type R menggendong mesin yang sama, yaitu 2,0 liter V-TEC turbo enam silinder.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin ini cukup besar, yaitu 316 Tk. Ini naik 17 Tk dibanding versi terdahulu. Sementara torsi atau daya puntirnya masih sama, yaitu 400 Nm. Mesin ini disandingkan dengan transmisi manual empat percepatan.

Honda nantinya akan memproduksi Civic Type R di pabrik yang ada di Swindon, Inggris, dan akan dijual setelahnya. Pertama-tama pasar Eropa, lalu kemudian meluas hingga ke negeri asalnya, Jepang, dan Amerika Serikat (AS).