Sukses

3 Fakta Menarik Toyota Avanza

Liputan6.com, Jakarta - Satu mobil paling populer dalam sejarah industri otomotif Indonesia adalah Toyota Avanza. Bagaimana tidak, sejak diperkenalkan pada akhir tahun 2013, multi purpose vehicle ini sangat diminati.

Bahkan saudara kembar Daihatsu Xenia ini adalah mobil terlaris Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Hebatnya ini mereka pertahankan di tengah kondisi ekonomi yang naik turun, hingga kemunculan model-model anyar yang lebih segar.

Tentu capaian ini juga mereka peroleh dengan beragam cara. Salah satunya adalah melakukan serangkaian penyegaran. Model yang dulu pertama kali diperkenalkan ke publik, jelas beda dengan yang eksis saat ini.

Tercatat pada tahun 2011, Toyota melakukan perubahan besar-besaran pada model ini. Saat itu diluncurkanlah Avanza baru yang diberi embel-embel "all-new". Penyegaran pada Avanza generasi kedua dilakukan pada 2015, dengan penambahan kata "grand new".

Fakta-fakta ini mengindikasikan bahwa banyak yang sangat menyukai Avanza. Namun menariknya, tak semua dari pengguna Avanza yang tahu persis fakta-fakta terkait tunggangan hariannya itu. Misalnya, apa sesungguhnya arti nama Avanza?

Nah, diolah dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa fakta menarik terkait Toyota Avanza, yang mungkin saja belum banyak yang tahu.

1 dari 2 halaman

Next

Asal Usul Nama Avanza

Nama Avanza, menurut berbagai sumber, berasal dari bahasa Italia (Romawi), yaitu avanzato. Avanzato, jika diartikan bebas dalam bahasa Indonesia, artinya adalah "maju", "canggih", "lanjutan", dan "lanjut".

Xenia, saudara Avanza, juga diambil dari bahasa asing, namun dalam hal ini Yunani. Xenia diambil dari kata "Xenos," yang artinya "tamu", atau "orang asing".

Kecenderungan mengambil nama dari bahasa asing kembali Toyota lakukan saat meluncurkan Calya. Calya dan Sigra, juga produk yang dikembangkan bersama, namanya diambil dari bahasa Sansakerta, bahasa dominan di Nusantara era Kerajaan Hindu.

Avanza bukan produksi Pabrik Toyota

Fakta unik lain, meski jelas-jelas merupakan produk Toyota, ternyata Avanza tidak lahir dari pabrik Toyota, melainkan dari Daihatsu. Ini juga terjadi pada produk Toyota lain hasil kolaborasi seperti Rush, Agya, dan Calya.

Hal ini memang merupakan strategi perusahaan. Keduanya bisa bekerja sama sedemikian erat karena Daihatsu adalah bagian dari Toyota. Ada pembagian kerja yang ditetapkan, dimana Daihatsu memang kebagian dalam hal proses produksi.

Secara harfiah memang mobil sejuta umat

Karena sangat populer di kalangan masyarakat, Toyota Avanza dijuluki dengan "Mobil sejuta umat". Titel ini mengikuti julukan yang diberikan kepada tokoh agama Zainuddin MZ bertahun sebelumnya, Dai Sejuta Umat.

Secara harafiah, hal ini telah mereka buktikan. Maksudnya, populasi Avanza di Indonesia memang telah mencapai angka tersebut. Bahkan lebih. Sejak April 2015 lalu, Avanza bahkan telah terjual lebih dari 1,3 juta unit.

Artikel Selanjutnya
Sepeda Motor Populer di Indonesia, Namanya Berbeda di Luar Negeri
Artikel Selanjutnya
Mengenal Varian Mesin Toyota yang Beredar di Indonesia