Sukses

Berlaga di Geneva Motor Show, Tata Motors Keluarkan Mobil Sport

Liputan6.com, Jenewa - Di Indonesia, Tata Motors dikenal sebagai pemasok kendaraan niaga, khususnya di pedesaan. Namun siapa sangka, di pameran otomotif Geneva Motor Show 2017, mereka justru memperkenalkan mobil sport.

Ya, sebagaimana dilaporkan hindustantimes.com, dikutip Rabu (8/3/2017), Selasa (7/2) kemarin pabrikan asal India itu telah membuka selubung TAMO Racemo, mobil sport konsep yang di atas kertas dapat melaju hingga 100 km/jam dalam waktu di bawah 6 detik.

Ini adalah produk pertama Tata Motors di bawah sub-brand bernama TAMO.

Lebih spesifik, Racemo menggendong mesin bensin konvensional 1,2 liter yang keluarkan tenaga maksimal 187 Tk pada 6.500 rpm dan torsi 210 Nm pada 2.500 rpm. Racemo dihadirkan dalam dua varian, Racemo Plus dan Racemo standar.

Dilihat dari bentuknya, mobil ini memang sangat kental aura sportnya. Lekukan-lekukannya relatif tidak terlalu tajam. Ditambah, kap mesin dibuat cukup besar dan tinggi, tidak seperti, misalnya Lamborghini yang rendah.

Guenter Butschek, CEO Tata Motors, mengatakan bahwa produk ini dihadirkan agar perusahaan dapat juga menjangkau pasar-pasar internasional yang lebih luas, termasuk di dalamnya pasar negara maju. "Kami ingin melampaui tembok India," ujarnya.

Lebih jauh, ia mengatakan bahwa mobil ini dibuat dengan "open platform". Artinya, meski bergenre sport, namun platformnya dapat juga digunakan untuk membangun mobil di segmen-segmen lainnya. Ini membuat pengembangan mobil jadi lebih efisien.

Tata Motors memproyeksikan Racemo sudah bisa mengaspal di jalan raya dan dibeli masyarakat tahun ini atau tahun depan. Sebelum produksi massal dilakukan, mobil ini akan terus diperbarui layaknya kendaraan konsep lainnya.