Sukses

Tiga Motor Andalan Ksatria Baja Hitam Ada dalam Dunia Nyata

Liputan6.com, Jakarta - Siapa yang tak kenal Ksatria Baja Hitam (KBH)? Bagi generasi 90-an, tokoh fiksi ini adalah salah satu pahlawan mereka karena tanpa lelah melawan kejahatan yang ingin menghancurkan bumi.

Salah satu aspek yang paling diingat dari karakter asal Jepang tersebut adalah sepeda motornya, yang juga selalu dapat berubah mengikuti karakter yang menunggangi. Saat KBH berubah bentuk, maka motornya pun juga akan menyesuaikan.

Dalam serial KBH dan KBH RX, setidaknya ada tiga model sepeda motor yang dipakai Kotaro Minami --tokoh fiksi yang bisa berubah jadi KBH, diperankan oleh aktor Tetsuo Kurata. Menariknya, ketiganya bermerek Suzuki.

Memang, KBH era Showa sebagian besar menggunakan motor Suzuki. Mungkin ada kerja sama khusus tentang itu. Namun memasuki era Heisei, Suzuki mulai ditinggalkan. Beberapa kali KBH menggunakan motor merek Eropa, bahkan kompetitor Suzuki, Honda.

Apa saja motor-motor yang dimaksud? Diolah dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

GSX R-250

Salah satu motor yang paling populer di KBH adalah Suzuki GSX R-250. Motor sport full fairing berkelir hitam-merah inilah yang digunakan sehari-hari oleh Kotaru Minami jika ia tidak sedang berada dalam bentuk KBH.

GSX R-250 pertama kali diperkenalkan pada 1987. Dalam hal desain, motor ini tak beda jauh dengan sang kakak, GSX 400. Saat itu, motor ini jadi pesaing besar Yamaha FZR 250.

Spesifikasi motor ini terbilang canggih dan buas di masanya. Mesinnya telah menggunakan mesin 4 silinder DOHC yang keluarkan tenaga sampai 45 Tk pada 14 ribu rpm. Klaim Suzuki motor ini bisa melaju hingga 200 km/jam.

1 dari 2 halaman

Next

Suzuki RA 125

Saat berubah jadi KBH, Kotaro Minami pun mengubah tunggangannya. Motor trail berwarna biru setia menemaninya kemanapun. Bentuknya yang mirip belalang, dengan antena di bagian kepala lampu, membuat motor ini dinamai "Belalang Tempur".

Belalang tempur sebenarnya merupakan sepeda motor Suzuki RA 125. Motor ini pertama kali dibuat pada 1980-an. Namun tidak jelas model tahun berapa yang digunakan KBH. Yang jelas, motor ini masih mengusung mesin 2-tak.

Lebih spesifik, Suzuki RA 125 mengandalkan mesin 1 silinder 124 cc. Mesin ini keluarkan tenaga sebesar 22 Tk pada 8.000 rpm.

Sayangnya motor ini tak pernah diproduksi di Indonesia. Kalaupun ada, itu dapat dipastikan impor. Lagipula, sudah lama Suzuki menyuntik matik RA 125. Yang mungkin bisa dilakukan adalah memodifikasi motor lain menyerupai Belalang Tempur.

Suzuki RH250

Satu lagi motor yang identik dengan KBH RX adalah Suzuki RH250. Perlu dicatat, KBH dan KBH RX adalah serial yang berbeda, meski pemeran dan jagoannya sama. Pada KBH RX, jagoan bisa berubah jadi RX Robo dan RX Bio.

KBH RX menunggangi motor yang dinamakan Acrobatter. RX Robo memakai Roboraizer, dan RX Bio mengandalkan Mach Jabber. Ketiganya punya desain yang khas dan disesuaikan dengan karakter, dan semuanya berbasis pada motor produksi massal Suzuki bernama RH250.

Suzuki RH250 adalah motor yang dominan dengan warna biru dan kuning. Motor yang dibuat antara 1985 sampai 1987 ini mengusung mesin satu silinder, dua tak, 249 cc bertenaga 31 Tk pada 7.500 rpm dan torsi 5,9 Nm pada 6.500 rpm.

Sama seperti RA 125, Suzuki RH250 juga sayangnya tidak dibuat di Indonesia.

Artikel Selanjutnya
Ketika Mobil Mungil Fiat Jadi Porsche
Artikel Selanjutnya
Meluncur Bulan Depan, Ini Bocoran Yamaha T7