Sukses

Strategi Jitu Toyota Bikin Mobil yang Digemari Pasar Global

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu produsen yang berkontribusi besar terhadap ekspor mobil di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), selalu berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas kendaraan yang dikirim ke pasar global.

Upaya peningkatan ekspor tersebut antara lain, melakukan pendalaman industri otomotif, terutama industri komponen lokal, pembaharuan dan perbaikan kegiatan logistik di Toyota, dan tentu saja pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Untuk komponen lokal, Toyota berkolaborasi dengan rantai pemasok guna menjaga kualitas produk, melalui pelatihan serta pendampingan keterampilan dan pengetahuan SDM, serta penerapan manajemen produksi sesuai sistem produksi Toyota (Toyota Production System) di perusahaan pemasok.

"Dengan semakin berkembangnya kualitas produksi dari rantai pemasok, nantinya tidak hanya peningkatan ekspor untuk kendaraan utuh saja, tapi dalam bentuk mesin dan komponen kendaraan," jelas Edward Otto Kanter, Direktur Senior PT TMMIN saat berbincang dengan wartawan, di Jimbaran, Ancol, Jakarta Utara, Rabu (8/3/2017).

Sedangkan dari segi internal, pabrikan asal Negeri Sakura ini juga fokus dengan perbaikan logistik, mulai dari sistem pengiriman terpadu, standarisasi, indikator kinerja yang terukur serta manajemen harian terpadu.

"Sistem logistik terpadu ini juga mengusung information technology (IT), seperti penggunaan aplikasi tracking di truk pengangkut, barcode, dan komputerisasi dalam pendataan kendaraan yang mau dikirim," tambah Edward.

Dari segi pengembangan SDM, Toyota memiliki pusat pelatihan di Pabrik Karawang dan Sunter, sebuah akademi manufaktur otomotif, yaitu Toyota Indonesia Academy (TIA).

"Mendorong juga ide perbaikan dari karyawan dengan bottom to top, quality control cycle (QCC), dan mengikutsertakan karyawan di ajang kompetisi keahlian tingkat nasional, regional, dan Internasional," pungkas Bob Azam, Direktur Administrasi PT TMMIN.

Artikel Selanjutnya
Kebanyakan Orang Indonesia Beli Mobil Karena Gengsi, Benarkah?
Artikel Selanjutnya
Mengenal Varian Mesin Toyota yang Beredar di Indonesia