Sukses

Mobil Mungil Fiat 500 Bakal Dipersenjatai Motor Listrik

Liputan6.com, Jenewa - Mobil mungil Fiat 500 di masa depan dipastikan akan dilengkapi dengan teknologi hybrid. Sebagai informasi, sejauh ini mobil tersebut hanya dilengkapi mesin bensin dan mesin Diesel saja.

Melansir autoexpress.co.uk, Kamis (9/3/2017), pabrikan asal Italia ini mengatakan bahwa mesin Diesel 1,3 liter MultiJet mereka rencananya akan dilengkapi dengan motor listrik. Kombinasi keduanya bakal terealisasi sebelum 2020.

Bos Fiat Chrysler, Sergio Marchionne, mengatakan bahwa teknologi ini dibenamkan untuk menciptakan kendaraan yang lebih bersih dan efisien. Fiat 500 dipilih karena model ini terjangkau. Sebelumnya, merek di bawah FCA Group lain yang lebih mahal seperti Alfa Romeo dan Maserati telah dilengkapi teknologi plug-in hybrid.

Selain itu, ia menganggap bahwa inovasi ini juga dilakukan demi "menyelamatkan" mesin Diesel yang mulai ditinggalkan. "Mesin Diesel dengan displacement kecil sudah mati. Kami harus mensiasatinya dengan berbagai solusi. Saya pikir semuanya bermain fair, jadilah kami bereksperimen dengan ini," ujarnya.

Ia menambahkan, mesin hybrid di masa depan tidak terelakkan. Namun demikian, yang perlu dipikirkan adalah bagaimana agar teknologi ini tetap bisa dijangkau semua orang. Mengingat kendaraan hybrid rata-rata harganya memang lebih mahal.

Itu juga yang dia pikirkan dalam pengembangan Fiat 500 hybrid. Marchionne mengaku sedang memikirkan cara yang realistis. "Menanamkan full hybrid ke dalam mobil di segmen ini akan 'membunuh' Anda," terang pria keturunan Italia-Kanada ini.

Sebagai informasi tambahan, di Indonesia, Fiat 500 dijual di bawah naungan PT Garansindo Inter Global sejak 2014 lalu. Di sini ada empat varian yang dijajakan, yang terdiri dari dua pilihan mesin, Diesel dan bensin.