Sukses

Pilih Mana, Ganti Head Unit atau Speaker Mobil Dulu?

Dengan budget yang pas-pasan, pilih ganti head unit atau speaker mobil dahulu?

Liputan6.com, Jakarta Buat pemilik mobil baru, biasanya belum puas dengan sistem audio standar yang terpasang di kendaraan kesayangan. Karenanya banyak yang berencana untuk mengganti atau upgrade dengan produk aftermarket.

Namun, dengan budget yang pas-pasan, terkadang si empunya mobil harus memilih, perangkat audio mana yang harus diganti terlebih dahulu, apakah head unit atau speaker?

Dijelaskan Eddie Soesanto, punggawa Cartens Audio, semua perangkat audio, baik speaker maupun head unit pasti memiliki hubungan satu sama lain, jika berbicara kualitas audio yang bagus.

"Pemilik harus melihat kepentingannya, ganti head unit terlebih dahulu jika si pemilik membutuhkan konektivitas, seperti navigasi Googlemap, Bluetooth, USB, dan DVD monitor," jelas pria gondrong ini saat ditemui Liputan6.com di workshopnya, Ruko Dutamas Fatmati, Blok D2, No.22, Jakarta Selatan, Rabu (9/3/2017).

Lanjutnya, pemilik juga bisa mengganti speaker dahulu, jika membutuhkan kualitas suara yang lebih baik pada saat mendengarkan musik.

"Misalkan kita ambil kasus head unit standar mobil yang tidak bisa diganti, dengan yang bisa diganti dengan menggunakan speaker, subwoofer, atau tweeter yang sama. Lebih bagus mana? Pasti lebih bagus yang bisa diganti, jadi semuanya berhubungan," tambah pria yang menjual hampir 40 merek perangkat audio ini.

Jadi, bagi pemilik mobil yang masih bingung ganti speaker atau head unit terlebih dahulu, sebaiknya prioritaskan yang lebih penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini