Sukses

Solusi Otomotif: Toyota Kijang Ndut-dutan Kalau Tanjakan

Liputan6.com, Jakarta Saya mo menanyakan kijang Efi 2003 saya, setiap pagi kalo menanjak, mesinnya tertahan alias ngeden di 40 km/jam dan rpm 2000, biarpun saya pakai gigi 1.
Dan anehnya ada seperti ndut2an di area suspensi depan kiri ban saya pak, dan itu yang menjadikan larinya mobil di tanjakan semakin tertahan. Semakin di gas, gak mau naik jarum rpm nya.

Kira2, permasalahannya di mana ya pak, apakah suspensi atau mesin.
Kampas kopling baru diganti 2 tahun lalu pak, tetapi memang di kolong mobil, banyak oli yg banjir, itu ada hubungannya atau tidak ya pak

--Imran Adianto--Sorowako

Pak Imran terima kasih atas pertanyaannya mengenai KIjang EFI 2003 kalau menanjak mesinnya berat (ngeden) dan ada ndut endutan.
Kalau menyimak pertanyaan Pak Imran ada 2 permasalahan yaitu 1.  mesin  2. terasa ada ndut ndutan di suspensi depan kiri .
1. Untuk mesin memang dapat mengakibat kurang tenaga , ngeden digas sampai mentok rpm-nya ngak mau naik hal tersebut dapat disebabkan oleh:
   a. Sistem bahan bakarnya
       - Saringan bensinnya mampet (tersumbat)
       - Pompa bensin elektriknya sudah lemah tekanannya
       - Injektornya ada yang mampet
       - Saluran pipa bahan bakar ada yang mampet.
   b. Sistem saluran Udara
       - Saringan udaranya kotor sampai mampet (udara luar susah diisap masuk ke dalam mesin)
       - Sensor udara masuknya (MAF/PIM) tidak bekerja dengan normal.
   c. Sistem pengapian
       - Businya kotor (ada yang mati)
       - Koilnya ada yang bocor, pengapiannya jadi kecil
       - Kabel businya ada yang bocor, pengapiannya jadi kecil
   d. Sistem Kopling
       - Kampas koplingnya habis (disc clutch)
       - Pegas mataharinya lemah (cover clutch)

2. Kalau di ban sebelah kiri ada terasa ndut-ndutan tidak ada hubungannya dengan mesin kurang tenaga karena memang beda komponen dan fungsinya. Mungkin hanya perasaan Pak Imran saja yang was-was kalau mobilnya ngak bisa nanjak takut mesinnya mati karena secara teknis tidak ada hubungannya.

Atau memang shock absorber-nya sudah lemah atau bocor minyaknya akibatnya terasa ndut ndutan.

Hal hal di atas dapat menyebabkan mesin kurang tenaga, ngeden ngak bisa di gas dan kedaraan ngak bisa lari saat di tanjakan . Kalau Rpm mesin tidak bisa
naik putarannya kemungkinan besar penyebabnya ada di bagian mesinnya .
Coba Pak Imran diperiksakan dulu ke bengkel terdekat atau bawa ke Bengkel Resmi untuk dilakukan pemeriksaan dan perbaikannya.

Semoga jawaban saya dapat mempermudah mencari sumber penyebab Kijang EFI Pak Imran dan segera normal kembali digunakan sehari hari .

Terima Kasih

H Agus Mustafa

==

==

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:


Subject : SOLUSI OTOMOTIF MOBIL/MOTOR
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir Agus Mustafa pernah memperoleh juara satu National Toyota Technicians Skills Contest  dan jadi wakil Toyota Indonesia di 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

Artikel Selanjutnya
Cerita Mencekam Kisah Kijang Jadul Menjelajahi 3 Negara
Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: Rem Blong dan Recall Toyota Indonesia