Sukses

Gemerlap Mobil Raja-Raja Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Satu kecenderungan dari sistem pemerintahan kerajaan atau monarki adalah mereka yang berada di lingkaran kerajaan biasanya hidup dalam gelimang harta, termasuk rajanya sendiri.

Salah satu simbol dari hidup yang mewah itu adalah kendaraan yang ditunggangi. Umumnya kendaraan yang dipakai tak bakal mampu dibeli orang-orang biasa. Kerap pula mobil yang dipakai itu edisi khusus, atau terbatas, atau justru satu-satunya di dunia.

Ada pula yang kemudian melengkapi mobilnya dengan aksesori tertentu --yang juga mahal. Misalnya, dengan gemerlap emas, atau taburan berlian di sekujur tubuh mobil.

Tentu, selain sebagai simbol kemewahan, bagi raja mobil-mobil ini juga demi keamanan. Mobil-mobil mereka pasti punya standar keamanan tertinggi. Ini tak hanya berlaku bagi raja, namun juga pimpinan negara dengan sistem pemerintahan apapun.

Cadillac One yang menjadi mobil dinas presiden AS, misalnya, tahan terhadap serangan peluru dan bom, bahkan jika bom itu meledak di bawah mobil. Mobil kepresidenan presiden RI, Joko Widodo, juga tak kalah tangguh soal keselamatan.

Raja Salman

Contoh lainnya tentu saja mobilnya Raja Saudi Arabia, Salman bin Abdulaziz al-Saud, yang membuat ramai publik Indonesia karena akhirnya melakukan kunjungan politik ke sini. Ia sengaja membawa Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard, Mercedes-Benz tipe S tertinggi, sebagai tunggangannya selama di Indonesia.

Menurut laman resmi mereka, mercedes-benz.com, sedari awal memang dibuat sebagai kendaraan dengan perlindungan spesial. Body terbuat dari baja, kacanya dari polycarbonate, membuat mobil ini kebal peluru, senapan serbu, sampai ledakan.

Namun perlu dicatat, yang dijelaskan itu adalah versi keluaran pabrikan. Sementara jika berkaca dari mobil presiden AS, kendaraannya akan dimodifikasi lagi agar tingkat keselamatannya semakin tinggi. Tidak dijelaskan apa yang berubah dari mobil yang dipakai Raja Salman, dengan mobil keluaran pabrik.

Selain keamanan dan keselamatan, tak diragukan lagi satu keunggulan mobil ini adalah kenyamanan. Kabinnya mencapai 5.453 milimeter. Ini sangat luas dan bisa membuat siapapun yang ada di dalamnya bersantai selama perjalanan.

1 dari 3 halaman

Next

Sultan Brunei

Yang menarik, ternyata mobil-mobil Raja Salman masih kalah jauh dibanding Sultan Brunei, Hassanal Bolkiah. Memang tidak ada data pasti soal berapa jumlah mobil keduanya, dan pastinya juga setiap saat bisa saja bertambah. Namun setidaknya tidak ada yang menyebut mobil Raja Arab lebih banyak ketimbang Raja Brunei.

Laman Bornrich menyebut bahwa koleksi mobil Sultan Brunei mencapai 7.000an unit, yang nilainya ditaksir mencapai US$ 5 miliar. Sementara Raja Salman, ada yang menyebut koleksi mobilnya "hanya" 200 unit.

Beberapa mobil koleksi Sang Sultan adalah merek-merek mewah seperti Rolls-royce, Mercedes-Benz, Ferrari, Bentley, BMW, Jaguar, Koenigsegg, yang per mereknya bisa mencapai ratusan unit. Sepanjang 1990-an, hampir separuh penjualan Rolls-Royce dunia dilahap oleh Sultan Hassanal Bolkiah dan lingkaran keluarganya.

Dari sekian banyak mobil itu, diperkirakan yang paling mahal adalah Rolls-Royce Silver Spurs Limo. Mobil eksklusif tersebut ditaksir memiliki harga sebesar US$ 14 juta.

Apa yang membuatnya mahal bukanlah semata mobil itu sendiri. Mobil itu dilapisi oleh emas 24 karat di seluruh bagian mobil. Berbeda dengan yang lain, mobil ini cukup sering digunakan sultan, khususnya untuk acara-acara kenegaraan.

2 dari 3 halaman

Next

Raja Thailand

Semasa hidupnya, Raja Thailand Bhumibol Adulyadej adalah raja terkaya di dunia, bahkan mengalahkan Raja Brunei. Tahun 2014 lalu kekayaannya tercatat US$ 30 miliar, sementara di tahun yang sama Raja Brunei hanya mengantungi US$ 20 miliar.

Namun demikian, nampaknya soal kendaraan ia kalah dari Raja Brunei. Mobil dinas yang Bhumibol pakai adalah mobil mewah Maybach 62 Limousine, yang harganya mencapai US$ 500 ribu atau setara Rp 6,6 miliar.

Segudang fitur mewah ada pada model yang pertama kali diproduksi pada 2002 ini. Di antaranya adalah empat zona pendingin ruangan, suspensi udara AirMATIC yang bisa diatur manual, segudang fitur hiburan, bahkan lemari pendingin.

Beberapa mobil pribadi raja yang telah dihibahkan untuk sang pangeran, Maha Vajiralongkorn, di antaranya adalah Mercy, BMW, Porsche, dan Ferrari. Ini mengindikasikan bahwa sang raja juga punya selera mobil yang bagus.

Kemudian, selain raja, anggota kerajaan lain juga berhak mendapat mobil-mobil mewah. Beberapa mobil untuk anggota kerajaan di antaranya adalah Rolls-Royce Phantom VI, Rolls-Royce Silver Spur limusin, Rolls-Royce Silver Spur Park Ward, Lexus LS460L, BMW 7-Series (E38), Cadillac DTS, dan Mercedes E55 AMG (W211).

Artikel Selanjutnya
Top 3: Gerhana Matahari 21 Agustus dan Peruntungan Ramalan Zodiak
Artikel Selanjutnya
Pesta Pernikahan Elite Rusia Ini yang Termewah Sepanjang 2017?