Sukses

Lagi, Honda Utak-Atik Fairing RC213V

Liputan6.com, Doha - Repsol Honda diketahui kembali menjajal fairing baru untuk kuda besi RC213V di sesi latihan di Qatar, Jumat (10/3) kemarin. Namun fairing ini belum final, dan masih dalam bentuk prototipe.

Sebagaimana terlihat pada gambar di atas, fairing berwarna hitam masih ditempelkan begitu saja, tidak menyatu dengan fairing utama. Uji coba penggunaan fairing baru terus dilakukan untuk menggantikan peran winglet yang resmi dilarang.

Sayangnya, penggunaan fairing baru ini justru membuat sang pembalap, Marc Marquez, terjatuh. Bahkan hingga dua kali. Ia mengaku bahwa kejadian yang tidak diinginkan tersebut memang disebabkan karena fairing baru itu.

"Fairing winglet agak mengubah motor. Seperti yang sudah saya bilang, sayap aerodinamika itu sedikit mengubah setelan motor," ujarnya, dikutip dari crash.net.

Marquez memang mengaku bahwa saat di atas trek, perubahan itu tidak terasa. Namun saat ia berhenti dan mengecek data, ternyata fairing baru itu mengubah banyak setelan motor, terutama saat memasuki tikungan. Dan Marquez jatuh di tikungan.

"Suspensi depan jadi tertekan dan karena alasan itulah motor saya jadi slip," kilah pembalap Spanyol pemenang MotoGP tahun lalu ini.

Sebagai informasi tambahan, Repsol Honda adalah pabrikan keempat yang memperkenalkan fairing ala winglet untuk MotoGP tahun ini. Sebelumnya Yamaha, Suzuki, dan Aprilia, telah melakukan hal serupa. Terget penggunaan perangkat ini adalah mengurangi wheelie atau gejala ban motor terangkat tetapi tanpa mengurangi top speed.