Sukses

Fairing Baru Ducati Desmosedici Paling Radikal di MotoGP

Liputan6.com, Doha - Ducati mengubah kembali fairingnya. Fairing baru ini relatif "radikal" dipakai pada hari kedua tes pra musim di Qatar, Sabtu pekan lalu.

Bodywork baru ini, yang dirancang untuk mengganti kinerja winglet aerodinamis yang resmi dilarang mulai musim 2017, diinstalasi pada Ducati Desmosidici GP17 yang ditunggangi pebalap andalan, Andrea Dovisiozo.

Mengutip crash.net, Senin (13/3/2017), bentuk fairing baru ini sangat mencolok dan agresif jika dibanding fairing-fairing lain yang telah terungkap. Ada dua tunnel winglet besar di tiap sisinya, namun dengan bagian tengah (hidung) sempit.

Disebutkan bahwa desain fairing baru Ducati ini mirip seperti "hidung" yang ada pada mobil balap single-seater.

Lebih lanjut, disebutkan bahwa Aprilia juga menguji coba fairing baru yang agak mirip, namun bentuknya tak terlalu besar. Honda juga melakukan hal yang sama. Namun hasilnya kurang memuaskan. Marc Marquez terjatuh saat pakai motor ber-fairing baru itu.

Penyelenggara MotoGP hanya memperbolehkan satu jenis fairing saja yang dapat dipakai di musim balap nanti. Sehingga, sesi pra-musim digunakan semaksimal mungkin oleh tiap pabrikan untuk menguji mana fairing yang paling tepat.

Sejauh ini sudah ada enam pabrikan --termasuk Ducati, yang punya fairing depan menyerupai winglet.