Sukses

Mobil Pertama Mazda Mirip Bemo

Liputan6.com, Hiroshima - Mazda identik dengan mobil-mobil yang relatif mahal, jika dibandingkan dengan mobil buatan pabrikan Jepang lain seperti Toyota dan Daihatsu. Namun tahukah, jika mobil pertama Mazda justru punya gen yang berasal dari mobil murah?

Kita kembali ke Hiroshima, Jepang, pada 1931. Saat itu Mazda yang awalnya buka perusahaan otomotif sama sekali, melakukan langkah strategis dengan membuat mobil seutuhnya. Mobil pertama mereka dinamakan Mazda-go.

Sebagaimana dilihat dari foto di atas, yang terdapat pada brosur resmi, Mazda-go bentuknya mirip dengan bemo. Bentuknya tiga roda, dengan bak di bagian belakang. Di depan ada ruang untuk dua orang, meski memang sempit.

Pada bajaj, bak belakangnya ditutupi sehingga jadi ruang penumpang. Sementara Mazda-go nampaknya tidak diperuntukkan sebagai angkutan penumpang.

Sementara itu, Bemo yang kita kenal sekarang adalah buatan Daihatsu. Diluncurkan dengan nama resmi Midget, ini adalah kendaraan Daihatsu pertama di Indonesia. Baik bemo maupun Mazda-go sama-sama bermoncong maju, dan dengan headlamp dan spion membulat.

Selain untuk pasar Jepang, model ini juga disekspor. Sebagaimana dikutip dari cmhmazda.co.za, Rabu (15/3/2017), Mazda-go juga terdapat di India dan Tiongkok.

Bukan hanya itu, nilai historis model ini semakin tinggi karena faktanya ia adalah satu-satunya kendaraan yang diproduksi sebelum Perang Dunia II meletus.

Ditambah, mobil ini jadi sarana yang sangat penting bagi warga Hiroshima untuk membangun kembali kotanya yang hancur akibat Bom Atom. Kala itu pabrik Mazda tidak terlalu terkena pengeboman. Pabriknya justru jadi pusat pembangunan kota.

Artikel Selanjutnya
Otonomos Jaguar Land Rover Mendekati Level 4
Artikel Selanjutnya
Sepeda Motor Populer di Indonesia, Namanya Berbeda di Luar Negeri