Sukses

Sparepart Murah Mobil-Mobil Murah

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu faktor yang dipertimbangkan dalam memilih mobil baru adalah biaya perawatan. Biaya ini bahkan bisa jadi penentu seseorang memilih mobil yang mana, berapapun rentang harga mobil yang dibeli itu. Apalagi untuk mobil murah.

Faktor biaya bahkan jadi pertimbangan yang semakin penting ketika akhirnya mobil murah yang dipilih. Misalnya, mobil-mobil yang harganya tak lebih dari Rp 100 juta. Belinya mobil paling murah, perawatannya pun dicari yang paling murah. Cocok sudah.

Lebih spesifik, biaya perawatan yang dimaksud terutama adalah soal suku cadang fast moving, atau suku cadang yang cepat masa pakainya, relatif murah, dan pasti rusak serta tidak bisa diperbaiki kecuali diganti baru.

Filter oli

Filter oli adalah satu komponen yang pasti diganti pada mobil-mobil murah. Pada mobil LCGC seperti Toyota Agya, Datsun GO, dan Daihatsu Agya, bagian ini harus diganti jika mobil sudah melaju lebih dari 10 ribu kilometer.

Bisa saja pada perawatan untuk pertama kalinya, bagian ini tidak perlu bayar alias gratis. Begitu juga dengan yang lain. Semua tergantung promo dari dealer.

Filter oli sendiri berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada di dalam oli, sebelum oli melumasi bagian mesin sebagaimana fungsi asalnya. Pasalnya, jika oli yang melumasi komponen kotor, justru komponen yang terlumasi itu akan aus, rusak.

Harga filter oli beragam. Filter oli Toyota Agya yang kompatibel dengan Daihatsu Alya asli keluaran PT Toyota Astra Motor misalnya, harganya sekira Rp 50 ribuan. Sementara untuk Datsun GO di angka Rp 30-an ribu.

1 dari 2 halaman

Next

Filter udara

Satu komponen lain yang bakal diganti adalah filter udara. Namun bedanya, durasi penggantian lebih lama ketimbang filter oli. Filter udara umumnya diganti pertama kali jika mobil sudah melaju 30 ribuan kilometer.

Filter udara sendiri berfungsi untuk mencegah masuknya kotoran, debu, atau material lain dalam udara ke ruang bakar. Saat udara bersih, maka pembakaran akan baik. Sebaliknya, jika udara kotor, maka pembakaran tidak akan sempurna.

Bagian ini harus diganti, tidak bisa dibersihkan. Pasalnya pada model-model terkini filter udaranya bertipe kertas basah yang jika dibersihkan justru bisa rusak.

Di beberapa toko jual beli online, harga filter udara begitu beragam, tergantung harga dan kualitas barang. Filter untuk Ayla misalnya, harganya Rp 80 ribu. Datsun GO merek APEX Rp 140-an ribu, sementara untuk Suzuki Carry hanya Rp 60-an ribu.

Busi

Satu komponen lain yang harus diganti pada waktunya adalah busi. Komponen inilah yang menciptakan titik api untuk kemudian menghasilkan ledakan dan menggerakkan mesin bersama dengan butiran bahan bakar dan udara.

Waktu penggantian busi relatif lama jika dibanding dua komponen sebelumnya, yaitu serkira 20 ribuan kilometer. Namun perlu dicatat, jika busi yang dipakai berjenis iridium, maka waktu penggantiannya lebih lama, bisa sampai 50 ribu kilometer.

Busi yang dibiarkan begitu saja setelah melewati masa pakainya bisa membuat tenaga mesin loyo, panas berlebihan, dan boros bahan bakar.

Harganya relatif murah. Busi berbahan nikel untuk Agya dari Denso misalnya, hanya dihargai Rp 40 ribu. Datsun GO+ busi aslinya Rp 40-an ribu. Busi iridium dengan kualitas yang lebih baik biasanya dibanderol ratusan ribu rupiah.

Artikel Selanjutnya
Bikin Motor Bebek Lebih Enak Buat Harian, Berapa Biayanya?
Artikel Selanjutnya
Mau Ganti Ban LMPV? Lihat Dulu Daftar Harganya