Sukses

Jangan Lakukan Ini, Kalau Mika Headlamp Mau Awet

Liputan6.com, Jakarta - Seiring usia pemakaian kendaraan, biasanya reflektor dan mika headlamp atau lampu utama  serta lampu belakang mobil akan terlihat kusam, dan menguning. Namun, ada beberapa kesalahan pemilik mobil dalam memodifikasi lampu, sehingga mika dan reflektor lampu lebih cepat menguning.

Dijelaskan Rico dari Shine Auto, penggunaan lampu dengan watt tinggi, dan tambahan relay bisa mempercepat rusaknya mika dan reflektor lampu.

"Makanya, kita sebenarnya tidak merekomendasikan penggunaan relay dan lampu dengan watt tinggi," jelas Rico saat ditemui Liputan6.com di bengkelnya yang terletak di Mega Glodok Kemayoran (MGK), Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2017).

Lanjut Rico, mika dan reflektor yang sudah menguning tidak terlalu parah, masih bisa dibersihkan, dan akan kembali normal seperti biasa. Tapi jika kuning atau kusamnya sudah parah, lebih baik diganti dengan yang baru.

"Kalau sudah parah, bahkan sampai 'retak seribu', sebaiknya diganti jangan dibersihkan. Karena jika dibersihkan juga tidak akan bertahan lama, dan kusamnya akan lebih parah dari sebelumnya," tambah Rico.

Selain itu, ketika mika dan reflektor terlalu sering dipoles, maka ketebalannya akan berkurang. Untuk harga membersikan mika dan reflektor, Rico mematok harga sekitar Rp 250 ribuan.