Sukses

Merawat Mika Lampu, Hindari Sengatan Matahari Langsung

Liputan6.com, Jakarta - Mika headlamp atau lampu utama dan belakang, biasanya akan cepat menguning atau retak seiring dengan usia pemakaian, begitu juga ketika si pemilik mobil menggunakan lampu dengan watt tinggi.

Nah, untuk merawat mika headlamp pada mobil kesayangan, ada beberapa tips sederhana yang bisa dipraktekkan oleh si empunya kendaraan.

"Jelas, jangan pakai lampu dengan watt yang besar. Lalu, jangan taruh mobil di bawah sinar matahari langsung, karena itu juga bisa merusak mika headlamp," jelas Rico, dari Shine Auto, saat ditemui Liputan6.com di bengkelnya, di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (15/3/2017).

Selain itu, ketika merawat mika headlamp di rumah, usahakan jangan menggunakan cairan pembersih yang mengandung minyak.

"Mika lampu kan bahannya plastik, jadi kalau ketemu dengan cairan pembersih yang mengandung minyak bisa cepat rusak atau getah," lanjutnya.

Jika pemilik mobil ingin membersihkan mika headlamp, sebaiknya gunakan cairan yang sudah direkomendasikan, biasanya bisa dibeli di toko perawatan mobil.

"Biasanya ada, paket restoration lampu. Alatnya sudah lengkap, begitu juga dengan cairan pembersihnya. Kalau itu sudah pasti aman," tambah Rico.

Saat mika headlamp sudah menguning dengan tingkatan yang tidak terlalu parah, bisa dipoles di bengkel. Namun, jika kuningnya sudah parah atau bahkan sudah 'retak seribu', sebaiknya diganti dengan lampu baru.

Artikel Selanjutnya
Jangan Pakai Zat Ini untuk Bersihkan Pelek
Artikel Selanjutnya
Periksa Tiga Bagian Ini agar Mobil Tidak Mudah Mogok