Sukses

Fakta Menarik Sepeda Motor Tiga Roda Milik Emak-Emak Solo

Liputan6.com, Jakarta Sepeda motor listrik roda tiga merek Tiger terlihat mengaspal di jalanan Kota Solo. Sepeda motor tersebut ramah lingkungan lantaran menggunakan tenaga listrik yang tidak mengeluarkan gas buang. Perawatannya pun cukup mudah.

Pemiliknya, Dwi Ari Susanti, menjelaskan bahwa sepeda motor ini memuat tiga orang yang terdiri atas dua penumpang dan satu driver. Dimensinya 200 cm x 100 cm x 160 cm.

"Berat sepeda motor 100 kg. Sepeda motor tersedia dalam warna silver, putih dan merah, " jelas perempuan yang kerap disapa Bu Ari ini kepada Liputan6.com, Rabu (15/3/2017).


Seperti bajaj, sepeda motor listrik ini memiliki pintu samping kanan dan kiri. Spion di kanan kiri seperti mobil bisa dilipat. Sementara kaca depan dilengkapi wiper. Ada handling layaknya mobil. Lalu masuk akan terlihat setir seperti sepeda motor matik. Ada rem tangan kemudian di bawah ada rem kaki.

Untuk mengendarainya cukup mudah. Tinggal setel laju kencang dan laju lambat. Sepeda motor listrik akan melaju seperti sepeda motor matik, dengan hanya memutar selongsong gas. Lalu jika maju mundur juga ada tombolnya. Mengendarai Tiger ini tetap membutuhkan keseimbangan seperti saat menggunakan sepeda motor.

"Pintu motor dilengkapi dengan kunci. Remnya cakram semua. Rem ada di handle setang dan kaki. Selain itu kursi driver bisa maju mundur sesuai kebutuhan, " jelas Ari yang memiliki tiga anak ini.

1 dari 2 halaman

5 Aki Penyimpan Listrik

Dijelaskannya baterai ada di bagian belakang, tepatnya di bawah kursi belakang. Baterai ini bertipe 60V-20A yang terdiri atas lima buah aki. Penyimpan tenaga listrik tersebut mudah didapatkan, terkenal dengan istilah aki SLA 12/12. "Power dinamonya 800 Watt," ucapnya.

Dikatakannya, bila pemakaian sepeda motor listrik setiap hari, usia aki bisa bertahan hingga 2 tahun. Menurut dia, penggunaan harus sesering mungkin, karena jika sering dibiarkan dalam keadaan kosong akan mempercepat kerusakan atau aki drop. "Saya tiap hari biasanya untuk ke pasar, beli sayur atau jemput anak. Nggak jauh-jauh karena juga cuma ibu rumah tangga, " kata dia.

Untuk mengisi bahan bakar cukup menge-charge dengan durasi tak lebih dari lima jam. Daya yang diperlukan untuk charge adalah 150 Watt. Sepeda motor listrik ini memiliki kecepatan kurang lebih 35 km/ jam. Sementara jarak tempuhnya mencapai kurang lebih 60 kilometer untuk jalan datar. "Kalau jalan menanjak, jarak tempuhnya kurang dari 60 kilometer, " jelas Ari

Ditambahkannya, perawatan sepeda motor ini mudah, terutama soal aki. Jika ada yang rusak bisa meminta tolong teknisi listrik. "Saya pernah menambah aki agar tahan lama. Dan nambahnya juga minta tolong tukang listrik, " ujar dia.

Artikel Selanjutnya
Top3 Berita Hari Ini: SPBU Motor dan Lubang Kecil di Knalpot
Artikel Selanjutnya
Semakin Lama Suara dan Tarikan Sepeda Motor Jadi Kasar, Kenapa?