Sukses

Mengenal Bos Baru Honda Prospect Motor

Liputan6.com, Jakarta - PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai agen pemegang merek (APM) mobil Honda di Indonesia memiliki bos baru. Jabatan Presiden Direktur yang sebelumnya dipegang oleh Tomoki Uchida resmi digantikan Takehiro Watanebe.

Watanabe san bukanlah orang baru di pabrikan berlambang huruf 'H' tersebut. Dirinya telah 26 tahun menjalani karir bersama Honda.

Takehiro Watanabe menjabat sebagai Presiden Direktur PT. Honda Prospect Motor. (Septian/Liputan6.com)

"Saya sudah bekerja di Honda sejak 1991 dimulai dari bagian logistik, produksi, penjualan, operasi luar negeri, pengembangan produk dan akhirnya saya ditugaskan di Meksiko dan Amerika Serikat," ujar pria kelahiran 23 September 1965 di Tokyo, Jepang.

Kehadiran Watanabe di Indonesia merupakan yang pertama. Dirinya mengaku menyukai dan sangat bersemangat untuk langsung bekerja.

"Kesan saya untuk Indonesia adalah 'Hot', tidak hanya cuacanya tetapi juga masyarakat dan industri otomotifnya. Saya ingin menjaga industri otomotif Indonesia tetap 'Hot'," kata dia.

"Indonesia merupakan negara yang penting bagi Honda, sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara dan juga salah satu yang paling potensial di dunia dalam hal industri otomotif," tambah pehobi baseball dan golf tersebut.

Tugas sangat berat tentunya menanti Watanabe. Pasalnya, Tomoki Uchida telah mencetak keberhasilan besar selama 6 tahun karirnya di Indonesia.

Di masa kepemimpinannya, Uchida san mencetak rekor penjualan mobil Honda di Indonesia dari 45.416 di 2011 menjadi 199.365 di 2016. Pangsa pasar Honda di Indonesia juga ikut terkerek dari 5 persen menjadi 19 persen dalam kurun lima tahun. Pencapaian ini menjadikan HPM sebagai peraih pangsa pasar tertinggi bagi Honda di seluruh dunia.

Keberhasilan itu tidak terlepas dari lahirnya sejumlah model yang kini menjadi andalan Honda, seperti Brio, Brio Satya, Mobilio, HR-V, dan BR-V. Uchida san juga sukses memperluas jaringan pemasaran dan pelayanan Honda dari 80an dealer menjadi 169 dealer hingga akhir Maret 2017.

"Telah banyak pencapaian yang diraih HPM dalam waktu lima tahun, seiring dengan pasar otomotif di Indonesia yang telah berkembang sangat pesat. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, namun yang lebih penting adalah kepercayaan konsumen Indonesia terhadap produk Honda," ujar Uchida san.