Sukses

KTM Siap Kenalkan Mesin 2-Tak Injeksi

Liputan6.com, Mattighofen - Standar emisi kendaraan yang semakin ketat di semua negara membuat hampir semua pabrikan meninggalkan mesin 2-tak. Di Indonesia kejayaan mesin itu bahkan telah berakhir sama sekali.

Namun tidak demikian dengan KTM, pabrikan asal Austria. Dilaporkan autoevolution.com, mereka kabarnya bakal memperkenalkan mesin 2 tak fuel-injected dalam waktu dekat. Mesin akan disematkan pada model baru yang merupakan keluarga EXC.

EXC adalah lineup motor-motor KTM yang bergenre enduro. Motor ini cocok dikendarai di berbagai medan.

Semua proses pengembangan dilakukan di pusat riset di Mattighofen, Austria. Pengembangannya sendiri memakan waktu cukup lama.

"Kami sudah mengembangkan mesin 2-tak fuel-injection dalam beberapa waktu. Tujuan kami menciptakan motor yang kompetitif dengan semua keuntungan dari fuel injection," ujar KTM Product Marketing Manager, Joachim Sauer.

Sauer menambahkan, jika proyek ini berhasil, maka KTM akan jadi pabrikan pertama di dunia yang menerapkan teknologi ini pada motor massalnya.

KTM menamakan teknologinya ini sebagai 2-stroke TPI (Transfer Port Injection). Meski 2-tak, konsumsi bahan bakarnya akan lebih hemat. KTM mengklaim mesin baru akan menawarkan pengalaman baru, terutama dalam aspek pengiriman daya.

Cara kerja lebih detail mesin ini baru akan dijelaskan saat model barunya meluncur. KTM tidak menjelaskan kapan persisnya. Namun dipastikan terjadi tahun ini.