Sukses

Pilihan Truk Kabin Ganda, Tata Xenon XT Kalahkan Ford Ranger?

Liputan6.com, Jakarta Meskipun pasar di segmen ini masih sangat kecil, namun daya tarik truk kabin ganda di Tanah Air masih cukup memikat. Terbukti, masih banyak pabrikan kendaraan roda empat di Indonesia yang memiliki pilihan mobil pekerja ini.

Selain diisi oleh Mitsubishi Triton, Toyota Hilux, dan Nissan Navara, kali ini Liputan6.com mau mengupas dua truk kabin ganda, bermesin Diesel berkapasitas 2.2 liter, yaitu Tata Xenon dan New Ford Ranger.

Kedua model dari dua pabrikan besar beda benua ini hadir dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi eksterior, interior, fitur, teknologi keselamatan, dan performa.

Sebagai kendaraan tangguh, peruntukkan dua kendaraan ini sama, sebagai pendukung operasional di pertambangan dan perkebunan. Sebagai mobil pekerja, selain harus tangguh, kedua mobil ini juga harus memiliki umur panjang, alias tidak cepat rusak.

Berikut, diambil dari berbagai sumber perbedaan dari Tata Xenon XT dan New Ford Ranger.

1 dari 3 halaman

Next


Eksterior

Untuk segi eksterior, model dari pabrikan asal India, Tata Xenon XT memiliki tampang yang cukup keren bergaya SUV. Grill berbalut krom, motorized clear headlamps, foglamp, pelindung mesin, spion dengan lampu sen, serta pelek alloy.

Sementara itu, untuk New Ford Ranger, sudah terkenal dengan bodi yang kuat. Tampilannya paling maskulin di kelasnya.

Untuk eksterior, New For Ranger masih mengadopsi gaya Amerika Serikat. Grill berbentuk heksagram panjang berlapis krom, dengan tulisan Ranger yang diukir pada besi pelindung.

Selain itu terdapat body kit, sebagai pijakan saat naik, dan tampilan kargo terdapat besi tubular.


Interior

Untuk interiornya, karena hanya digunakan sebagai pendukung operasional di pertambangan dan perkebunan, sistem infotainment bersifat pilihan. Terdapat jam digital, glove box, serta twin tone interiors.

Berbeda dengan Tata Xenon XT, Ford Ranger menawarkan kabin yang cukup mewah. Walau demikian kesannya, Ranger sangat layak dibawa rekreasi dan berpetualang.

Interior Ranger didominasi warna hitam, sehingga terlihat mewah dan stylish. Bagian dashboard juga dilengkapi berbagai fasilitas terbaru layaknya mobil-mobil penumpang modern.

Terdapat juga panel spidometer, dengan layar empat inci pada bagian samping yang menampilkan playlist musik, pemakaian bahan bakar, dan trip meter. Terdapat juga layar LCD yang membantu mengawasi sekeliling mobil, yang sepertinya terhubung dengan kamera belakang.

2 dari 3 halaman

Next

Performa

Tata Xenon XT D-Cab 4x4 ini dibekali mesin Diesel commonrail berkapasitas 2,2 liter, dan dilengkapi dengan transmisi manual lima percepatan.

Dengan jantung pacu tersebut, model ini mampu menghembuskan daya hingga 148 Tk pada 4.000 rpm. Torsi maksimum sebesar 320 Nm di putaran mesin 148 Tk pada putaran mesin 1.700 sampai 2.700 rpm.

Muatan XT D-Cab 4x4 dapat disesuaikan dengan berbagai jenis kebutuhan bisnis. Hadir dengan bak berbahan double corrugated galvanized steel yang memiliki daya angkut hingga 1.000 kg.

Sementara itu, Ford Ranger dipersenjatai dengan mesin Diesel berkapasitas 2.2 liter Duratorq TDCi empat silinder. Mesin tersebut mampu menghembuskan daya hingga 150 Tk pada 3.700 rpm, dengan torsi maksimal 375 Nm pada 1.500 sampai 2.500 rpm.

Kemampuan khas Ford Ranger bermain air hingga kedalaman 800mm. Dengan transfer case elektronik dari 4x2 ke 4x4 hanya dengan tombol, serta electronic locking rear differential untuk traksi yang lebih baik. Kemampuan towing Ford Ranger hingga 3.500 kg.

Harga

Untuk harganya, Tata Xenon XT dengan segala kemampuan dan torsi yang melimpah, dibanderol Rp 320 juta.

Sedangkan untuk Ford Ranger dibanderol mulai Rp 386,1 juta hingga Rp 443,9 juta.