Sukses

Produsen iPhone buat Motor Listrik, Ini Kisi-Kisinya

Liputan6.com, Beijing - Foxconn, perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Taiwan yang terkenal sebagai produsen ponsel pintar iPhone untuk Apple, akan melebarkan sayap dengan masuk ke bisnis sepeda motor.

Dengan nama merek Evoke dan berkantor pusat di Beijing, Tiongkok, Foxconn memproduksi motor listrik, dan sekarang sudah bisa dipesan. Pasar pertama yang dituju langsung Amerika Serikat (AS). Bulan Juli telah ditetapkan sebagai waktu peluncurannya.

Jika dilihat dari laman resminya, maka setidaknya ada satu model yang telah siap dipasarkan, namanya Urban S. Satu model lagi, dinamakan "Project Kruzer", namun ia hanya menampilkan siluet hitam tanpa informasi apapun.

Dengan bekal motor 19 kW, Urban S mengeluarkan tenaga sebesar 25,4 Tk dan torsi mencapai 116,6 Nm. Motor bisa berlari dengan kecepatan mencapai 130 km/jam, dan dapat menempuh jarak hingga 199 kilometer dalam satu kali isi ulang.

Dari segi desain, motor ini berbentuk naked bike, yang telah dilengkapi dengan suspensi upside-down (USD). Tersedia pula layar 5 inci yang dapat menampilkan GPS.

Sebagaimana kendaraan bertenaga listrik, Urban S tak perlu menggunakan rantai, atau oli untuk melumasi mesin. Motor ini juga tidak dilengkapi persneling dan kopling. Rem depan dan belakang dikontrol di tangan, seperti mengendarai matik.

Urban S sudah bisa dipesan melalui laman resmi. Uang mukanya sebesar US$ 200 atau setara Rp 2,6 juta. Sementara harga motor listriknya sendiri mulai dari US$ 9.400 atau setara Rp 125 juta. Motor baru akan dikirim pada Juli nanti.

Artikel Selanjutnya
BMW Punya Motor Hybrid Berpenggerak Dua Roda
Artikel Selanjutnya
Mobil Listrik Termurah Disuntik Mati