Sukses

Honda CMX500 Rebel Vs Kawasaki Vulcan S

Liputan6.com, Jakarta - Segmen sepeda motor cruiser di Indonesia perlahan semakin ramai dengan masuknya Astra Honda Motor (AHM). Hari ini (17/3/2017), mereka baru saja memperkenalkan Honda CMX500 Rebel, di Jakarta.

Apa yang ditawarkan sepeda motor jenis ini adalah kenyamanan. Posisinya begitu santai karena jok rendah, sehingga kaki dapat mudah menjangkau permukaan jalan. Kenyamanan semakin terasa karena stang tinggi dan pijakan kaki menjorok ke depan.

Kehadiran Honda CMX500 Rebel jelas-jelas mengusik Kawasaki, yang sebelumnya mengandalkan Vulcan S. Lantas, jika diadu, siapa yang menang dari keduanya?

Desain

Baik Honda CMX500 Rebel dan Kawasaki Vulcan secara umum desainnya sama. Seperti sudah dijelaskan, sebagaimana motor cruiser pada umumnya, stang dibuat tinggi, namun jok rendah dan pijakan kaki maju. Mengendarai motor ini tak ubahnya seperti naik moge.

Perbedaan mencolok lainnya adalah jok. Sementara Vulcan S masih dapat boncengan karena mengadopsi jok terpisah, CMX500 Rebel single seat. Begitu juga dengan suspensi. Vulcan S mengadopsi single shock, sementara CMX500 Rebel twin-tube.

Mesin

Dibanding CMX500 Rebel, Vulcan S punya tenaga yang lebih besar. Tapi ini wajar karena CMX500 Rebel "hanya" mengadopsi mesin 471 cc, sementara kompetitornya jauh lebih besar, 649 cc. Keduanya sama-sama mengusung mesin DOHC, parallel-twin.

Mesin CMX500 Rebel keluarkan tenaga 47,2 Tk pada 8.500 rpm dan torsi 45,8 Nm pada 5.500 rpm. Sementara Vulcan S bertenaga 61,6 Tk dan torsi 64 Nm.

Harga

Soal harga, CMX500 Rebel lebih ramah di kantung. Dengan pilihan warna red, mat armored silver metallic, dan graphite black, model ini dibanderol Rp 147,3 juta on the road Jakarta. Sementara Vulcan S dihargai Rp 170,4 juta, atau lebih mahal Rp 20an juta.

Artikel Selanjutnya
Menelisik Lebih Dekat Moge Pemberontak Baru, Honda CMX500 Rebel
Artikel Selanjutnya
Resmi Masuk Indonesia, Berapa Banderol Honda CMX500 Rebel?