Sukses

Berselancar dengan Empat Motor Tiga Roda di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Sepeda motor adalah moda transportasi yang umum ada di Indonesia. Rodanya biasanya dua, dan harus punya keseimbangan untuk dapat mengendarainya. Dibanding mobil, motor jauh lebih populer dan laris.

Namun defisini bahwa motor hanya punya dua roda tak selamanya benar. Buktinya, ada juga motor yang rodanya ada tiga. Disebut motor karena ia tidak ditutupi bodi, dan kontrol rodanya menggunakan stang seperti motor pada umumnya.

Ini berbeda, misalnya, dengan bajaj, atau kendaraan listrik yang baru-baru ini viral di dunia maya. Dua kendaraan itu lebih cocok dan dekat dengan bentuk mobil karena sama-sama punya cangkang yang melindungi pengemudi dan penumpangnya.

Motor ini langsung diproduksi oleh pabrikan, bukan hasil modifikasi. Meski memang, ada juga motor roda dua yang kemudian dimodifikasi jadi tiga roda. Ini biasanya dilakukan untuk mengakomodir mereka yang memiliki keterbatasan fisik.

Konfigurasi rodanya, kadang dua roda di depan, satu di belakang. Sebaliknya, ada pula yang roda depannya satu, dan belakangnya dua. Suspensi dua roda yang sejajar pasti independen, sehingga tetap bisa mengikuti kontur yang berbeda-beda.

Secara harga, motor seperti ini relatif lebih mahal ketimbang motor konvensional. Meski secara mesin, misalnya, masih menggunakan mesin berbahan bakar konvensional (bensin) layaknya motor yang bisa dengan mudah kita jumpai sehari-hari.

Di Indonesia, ada beberapa pabrikan yang menjual motor seperti ini. Apa saja itu? Diolah dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

1 dari 3 halaman

Next

Yamaha Tricity

Kita buka dengan Yamaha. Pabrikan nomor dua terbesar di Indonesia ini punya satu motor tiga roda bernama Tricity.

Yamaha Tricity pertama kali diperkenalkan ke publik di ajang otomotif yang digelar di Thailand, April 2014 lalu. Setelah itu, motor ini juga dijual di Jepang, Australia, Selandia Baru, dan pasar Eropa pada 2015 lalu.

Di Indonesia, Yamaha pertama kali memperkenalkan model tersebut di ajang Indonesia Motorcycle Show (ImoS) 2016, yang dihelat di JCC, November tahun lalu. Saat itu motor ini diperkenalkan bersama lima motor lain seperti XMax dan Aerox.

Saat itu Tricity tidak ada dalam lineup. Ini disebabkan karena motor ini didatangkan dengan sistem jatah dari Thailand, dan kloter pertamanya sudah ludes (30 unit). Saat itu Tricity dibanderol dengan harga Rp 66 juta.

Piaggio MP3

Piaggio juga tak mau kalah dalam perlombaan motor tiga roda. Dalam lineup-nya, mereka memiliki motor bernama MP3, dengan konfigurasi roda dua di depan dan satu di belakang.

Motor tersedia dalam beragam varian mesin, dari mulai 125 cc, 250 cc, 300 cc, 400 cc, dan 500 cc. Namun di Indonesia, sebagaimana yang tertera pada laman id.piaggio.com, hanya ada Piaggio MP3 278 cc dengan nama MP3 Yourban.

Di laman resmi Piaggio Indonesia harga MP3 Yourban tidak tertera. Namun di laman lain, piaggio-vespa.com, motor ini dibanderol dengan harga Rp 210 juta.

2 dari 3 halaman

Next

Peugeot Metropolis 400

Dari Peugeot, kita punya motor tiga roda bernama Metropolis 400. Motor ini didistribusikan oleh PT Garansindo International Motors (GIM), dan pertama kali diperkenalkan ke publik pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.

Kemunculan motor roda tiga mereka juga dimaksudkan untuk menandingi dominasi Piaggio MP3. Motor ini pertama kali diperkenalkan pada 2011, dan diproduksi di pabrik Doubs Mandeure, Perancis. Motor ini juga pernah dijadikan objek pelanggaran hak cipta karena dinilai meng-copy paste Piaggio MP3, terutama suspensi independennya.

Sebagaimana namanya, Peugeot Metropolis 400 mengusung mesin 400 cc yang hasilkan tenaga 37,2 Tk dan mampu berlari hingga 160 km/jam. Cukup cepat. Saat diluncurkan Peugeot Metropolis dibanderol dengan harga Rp 219 juta.

Can-Am Spyder

Terakhir adalah Can-Am Spyder. Memang jika dibanding tiga model lain, model ini mungkin yang paling tidak populer. Namun justru, menurut kami, bentuknya paling radikal, sedikit ada unsur mobil di bagian depan motor.

Motor ini diproduksi oleh pabrikan Kanada bernama Bombardier Recreational Products. Motor ini pertama kali diluncurkan pada Februari 2007.

Di Indonesia, motor ini didatangkan oleh PT Berani Rekreasi Perkasa (BRP) selaku Agen Pemegang Merek (APM) motor roda tiga Can-Am Spyder di Indonesia. Ada tiga model yang dijual, Spyder RT, Spyder ST, dan Spyder RS.