Sukses

Iannone Coba Gaya Agresif Vinales, Ternyata Susah

Liputan6.com, Tokyo - Andrea Iannone mengaku bahwa dirinya pernah mencoba meniru gaya berkendara Maverick Vinales yang dianggap mumpuni kala mengendarai Suzuki GSX-RR di ajang balap MotoGP. Namun, ujungnya Iannone mengaku kesulitan.

"Saya mencoba meniru dia (Vinales), tapi itu bukan gaya saya. Dia tidak pernah mengerem di tikungan saat merebahkan badan," ujar Iannone setelah uji coba lanjutan, dikutip dari motorsport, Sabtu (18/3/2017).

Kesulitan itu, ujar Iannone, adalah karena gaya berkendara Vinales yang cenderung di luar kebiasan pebalap MotoGP. "Di satu sisi, sebagian besar pengendara mengerem untuk membawa motor ke tikungan, dan kemudian berakselesai. Dia tidak," akunya.

Adapun motivasi Iannone mengikuti Vinales adalah karena dirinya ingin beradaptasi lebih cepat di tim baru. Untuk bisa tampil cepat, ujarnya, dibutuhkan gaya naik yang juga cepat sebagaimana Vinales lakukan.

Namun pada akhirnya Iannone menyerah. Ia menyebut gaya Vinales tidak cocok, meski faktanya gaya Vinales memang cenderung agresif ketimbang pebalap lain.

Mengubah gaya berkendara sendiri bukanlah hal tabu. Sudah banyak pebalap yang melakukannya kala pindah ke tim baru, atau menyesuaikan dengan kendaraan yang telah diperbaiki. Termasuk sang legenda hidup Valentino Rossi.

Bahkan pria Italia itu telah berkali-kali mengubah gaya berkendara. Kevin Cameron, jurnalis dari cycleworld.com, menyebut gaya Rossi pada 2020 seperti pebalap Eropa Klasik. Namun saat pindah ke Ducati, ia mulai meninggalkan gaya itu.

Artikel Selanjutnya
MotoGP: Balapan Terlalu Agresif, Ini Penjelasan Zarco
Artikel Selanjutnya
MotoGP: Beda Pendapat dengan Rossi, Marquez Puji Zarco